450 Siswa Miskin Terima Beasiswa

Senin, 14 Mei 2012

Sedikitnya 450 siswa Sekolah menengah Atas (SMA) miskin di Kabupaten Sinjai memperoleh beasiswa dalam bentuk Bantuan Khusus Murid Miskin (BKMM) 2012. Bantuan bagi siswa SMA negeri maupun swasta itu dikucuran pemerintah pusat melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sinjai.

Kepala Seksi Manajemen Pendidikan Menengah dan Kejuruan Disdikpora Sinjai Dra. Fatimah saat ditemui menjelaskan kuota siswa SMA miskin di Sinjai yang mendapat bantuan program BKMM tahun 2012 sebanyak 450 orang.

Sementara total anggaran APBN yang dikucurkan melalui program BKMM ke Sinjai sebanyak 151 juta rupiah dengan rincian setiap siswa SMA yang menjadi sasaran program ini akan mendapat subsidi pendidikan senilai Rp.65.000 per siswa per bulan atau sebesar 700 ribu rupiah per siswa per tahun. "Bantuan BKMM akan diberikan kepada siswa setiap triwulan dan mereka menerima empat kali per tahun". Jelasnya.

Proses seleksi dan penentuan siswa miskin yang berhak menerima bantuan program BKMM diberikan kepada masing-masing sekolah. "Syarat siswa untuk mendapatkan bantuan program BKMM dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu yang diterbitkan desa/kelurahan dimana siswa berdomisili. Surat keterangan tidak mampu itu kemudian diserahkan kepada sekolah". Katanya.

Tujuan dikucurkannya bantuan program ini untuk meringankan biaya pendidikan siswa dari keluarga kurang mampu. Siswa miskin dapat terus melakukan pendidikannya tanpa dibebani biaya pendidikan yang tinggi. "Pemerintah berharap tidak ada lagi siswa yang putus sekolah dengan alasan tidak ada biaya". Tegas Fatimah.

Sementara itu, Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk tingkat SMA pada tahun  ini juga akan dikucurkan dan saat ini masih dalam tahap pendataan. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada setiap sekolah untuk melakukan seleksi secara ketat dan program ini diperuntukan bagi siswa yang benar-benar miskin dan berprestasi. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .