Pemerintah Terus Kembangkan Potensi Perkebunan di Sinjai

Selasa, 29 Mei 2012

Sektor perkebunan memegang peranan penting didalam struktur perekonomian Kabupaten Sinjai, karena hampir 50 % masyarakat petani di Sinjai terlibat langsung dalam tanaman perkebunan. Oleh karena itu pembinaan sektor perkebunan sangat mendapat perhatian pemerintah daerah.

Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Sinjai Ir. Sirajuddin mengatakan bahwa 40 % lahan di Kabupaten Sinjai adalah lahan perkebunan sehingga komunitas perkebunan yang ada di Sinjai cukup menjanjikan jika terus dikembangkan.


Menurutnya, dari 25 tanaman unggulan perkebunan yang ada di Indonesia, 16 diantaranya terdapat di Kabupaten Sinjai dan merupakan tanaman yang diandalkan di Propinsi Sulawesi Selatan, seperti tanaman lada, kakao, kelapa, cengkeh, kopi dan tanaman lainnya.


Untuk itu pada tahun ini, Program kerja dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan Sinjai khususnya pada sektor perkebunan yaitu memprioritaskan kegiatan revitalisasi, intensifikasi dan diversifikasi perkebunan.


"Jadi revitalisasi perkebunan merupakan program nasional yang digalakkan sejak tahun 2006 dengan tujuan untuk mempercepat pengembangan perkebunan rakyat dengan pola pengembangan sistem kemitraan yang melibatkan perusahaan perkebunan sebagai mitra pengembangan, dari proses awal sampai proses pemasaran hasilnya khususnya tanaman unggulan seperti cengkeh, kakao, kopi dan tanaman lainnya". Jelasnya.


Lebih lanjut dikatakan bahwa  program intensifikasi dan diversifikasi perkebunan  dilakukan dalam rangka meningkatkan hasil dari tiap komoditas yang akhirnya akan meningkatkan pendapatan para petani. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .