Perekaman e-KTP Dimulai

Selasa, 12 Juni 2012

Proses perekaman dan input database elektronik KTP (e-KTP) Di Kabupaten Sinjai telah dimulai sejak senin (11/6/12) . Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sinjai bertanggungjawab langsung untuk mengkoordinir pelaksanaan tahapan e-KTP gratis yang dilakukan oleh masing-masing kecamatan di 9 kecamatan yang ada di Sinjai.

Sekertaris Disdukcapil Sinjai Muh Asdar saat ditemui mengatakan bahwa proses perekaman E-KTP diawali di Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Selatan dan Sinjai Timur serta akan diikuti oleh Kecamatan lainnya.

“Petugas operator e-KTP di tingkat kecamatan sudah mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) yang dilakukan di Wisma Hawai pada akhir Mei lalu. Terdapat 8 operator e-KTP yang akan bertugas di tiap kecamatan dengan estimasi mampu melayani seluruh penduduk Sinjai. Para operator ini menjadi ujung tombak pelaksana e-KTP dilapangan dan ditargetkan akan rampung selama 100 hari".Katanya.

Proses perekaman dan input database yang berlangsung di Kantor Camat Sinjai Utara berlangsung dari pagi hingga malam hari dan disaksikan oleh Camat Sinjai Utara A. Jefriyanto Asapa. Adapun syarat sebelum dilakukan perekaman adalah penduduk memperlihatkan KTP yang masih berlaku, surat pemberitahuan NIK, surat pemanggilan untuk perekaman dan kartu keluarga.

Ilham, operator e-KTP di Kecamatan Sinjai Utara mengatakan, peralatan perekaman e-KTP di Kantor Camat Sinjai Utara disiapkan sebanyak dua set, alat rekam pindai iris dan pindai sidik dimana penggunaan alat perekaman e-KTP cukup mudah.

"Perekaman itu dimulai dengan foto yang disesuaikan dengan tahun lahir, setelah itu perekaman sidik jari kedua tangan, dilanjutkan dengan cek iris mata, disambung dengan pengecekan telunjuk kanan dan telunjuk kiri serta di akhiri dengan tanda tangan". Jelasnya

Dikatakannya pula bahwa jika berjalan lancar, proses perekaman  untuk satu orang tidak sampai lima menit. Namun, ketika perekaman sidik jari maupun iris mata tidak pas maka harus diulang beberapa kali. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .