Kegiatan Bantuan Program Kewirausahaan Terapan TTG 2012

Rabu, 20 Juni 2012

SB - Untuk memberdayakan penganggur dan setengah penganggur, Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakestrans) Kabupaten Sinjai mengadakan kegiatan bantuan program kewirausahaan melalui terapan teknologi tepat guna ( TTG) yakni keterampilan pembuatan Ota-ota, Krupuk Amplang dan Krupuk Ikan. 

Kegiatan program kewirausahaan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Grand Rofina Sinjai, Rabu (20/06) itu, dibuka oleh Sekkab Sinjai, Taiyeb A. Mappasere, didampingi Kepala Disnakestrans Sinjai, Andi Halilintar.

"Bantuan program kewirausahaan melalui terapan teknologi tepat guna ( TTG) tahun 2012 di Kabupaten Sinjai ini, merupakan proses kegiatan alih teknologi yang relatif sederhana, mudah diterapkan sebagai sarana produksi barang dan jasa pada usaha skala ekonomi yang produktif dan mampu memperluas kesempatan kerja dan menyerap tenaga kerja bagi pengangguran maupun setengah penganggur", Ungkap A. Halilintar saat menyampaikan laporannya.

Selain untuk membekali keterampilan kepada penganggur dan setengah penganggur agar nantinya dapat bekerja secara mandiri maupun berkelompok, kegiatan ini lanjut dia, juga bertujuan meningkatkan kualitas dan produktivitas penganggur sekaligus mengurangi angka pengangguran.
  
"Dalam kegiatan ini, peserta sekitar 20 orang baik penganggur maupun setengah penganggur yang berasal dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Sinjai",  Katanya dihadapan sekkab Sinjai.

Sementara itu, Taiyeb A. Mappasere dalam sambutannya mengatakan, kegiatan  bantuan program kewirausahaan melalui terapan tehnologi tepat guna, merupakan bentuk kegiatan didalam perluasan kesempatan kerja yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian pemerintah kabupaten sinjai untuk membuka lapangan kerja bagi pengangguran maupun setengah penganggur.

"TTG ini adalah kegiatan yang bersifat pemberdayaan masyarakat, dimana masyarakat diberi kesempatan untuk meningkatkan keterampilannya dan mengembangkan kemampuannya, sehingga mempunyai kemandirian untuk berperan dalam pembangunan", Sambung Taiyeb dihadapan para peserta. 

Kegiatan ini dimaksudkan, memperluas dan mengembangkan kegiatan ekonomi lokal yang produktif dan berkelanjutan pada skala mikro dan kecil, menengah berbasis terapan TTG khususnya di daerah pedesaan, serta mengembangkan dan menyebarluaskan jenis-jenis teknologi tepat guna sebanyak mungkin kepada masyarakat melalui pendayagunaan terapan TTG. 

"Jadi melalui kegiatan ini, terwujudnya masyarakat yang aspiratif, inisiatif dan produktif serta berkemampuan teknologi, kemudian terberdayanya potensi sumber daya lingkungan/lokal yang dikelolah sebagai kegiatan ekonomi produktif serta terwujudnya lapangan kerja/usaha baik secara individu maupun kelompok", Harapnya. 

Dalam keterampilan pembuatan Ota-ota, Krupuk Amplang dan Krupuk Ikan ini, Disnakestrans Sinjai menghadirkan instruktur lokal. (Iswan)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .