Sekkab Sinjai Buka Pendidikan dan Pelatihan Bagi Pecari Kerja

Selasa, 05 Juni 2012

SB -  Pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja merupakan kegiatan dalam upaya meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, sehingga diharapkan nantinya para pencari kerja yang telah terlatih akan mampu bersaing dalam pasar kerja maupun mampu membuka lapangan kerja sendiri untuk berusaha secara mandiri dalam upaya meningkatkan pandapatan dan taraf kesejahteraan. 

Demikian dikatakan, Kepala Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Sinjai, Andi Halilintar saat menyampaikan laporannya pada kegiatan pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja (Program Pelatihan Keterampilan Menjahit), Selasa (05/06) di Aula YPA Handayani Sinjai, Jalan Gunung Lompo Battang. 

"Program pendidikan dan pelatihan keterampilan menjahit dilaksanakan dengan melihat tingginya kebutuhan masyarakat kabupaten sinjai dalam usaha menjahit, sehingga nantinya peserta pelatihan dapat bekerja pada usaha-usaha menjahit yang ada ataupun mendirikan usaha sendiri", Tambahnya. 

Kegiatan yang diikuti 21 orang pencari kerja yang merupakan hasil rekruitmen dari beberapa kecamatan dalam wilayah kabupaten sinjai ini rencananya akan dilaksanakan hingga 4 juli mendatang dengan menghadirkan instruktur dari YPA Handayani Sinjai. 

"Selain untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, kegiatan ini juga sekaligus sebagai upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran di sinjai", Terang A. Halilintar mantang camat sinjai tengah.

Sementara itu, Sekkab Sinjai, Taiyeb A. Mappasere dalam sambutannya menyampaikan bahwa upaya perluasan kesempatan kerja diarahkan pada penciptaan lapangan kerja baik sektor formal maupun informal. 

Untuk itu menurutnya, dalam upaya menyiapkan tenaga kerja agar memiliki keahlian untuk bersaing didunia kerja maupun agar dapat berusaha secara mandiri, maka pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi Sinjai melaksanakan pendidikan dan pelatihan bagi pencari kerja. 

"Jadi yang kita laksanakan ini untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, sehingga para pencari kerja tersebut dapat memiliki keahlian, keterampilan dan berdaya saing dalam memasuki pasar kerja maupun untuk berusaha secara mandiri", Sambung Taiyeb saat membuka kegiatan tersebut. 

Dijelaskan, program pendidikan dan pelatihan keterampilan menjahit merupakan salah satu kegiatan yang memiliki peluang sangat besar untuk terserap dalam dunia kerja, dimana kebutuhan masyarakat akan jahit menjahit baju sangat besar, disisi lain juga memiliki peluang yang sangat besar untuk bekerja berusaha secara mandiri. 

"Bagi para peserta atau pencari kerja agar kiranya mengikuti kegiatan ini dengan baik dan penuh disiplin sehingga apa yang menjadi tujuan kita bisa tercapai", Harapnya. (Yasir/Iswan)



 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .