KODIM 1424 Sinjai Gelar Bhakti Hijau Bersama Tripika Kecamatan Sinjai Utara

Kamis, 19 Juli 2012


Komando Distrik Militer (KODIM) 1424 Sinjai bersama tripika Kecamatan Sinjai Utara menggelar Bhakti Hijau  dengan melakukan penanaman pohon dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang berlangsung pada tiga titik di Kelurahan Lappa, Kecamatan Sinjai Utara , Kamis (19/7).

 “Kegiatan penanaman pohon ini merupakan langkah yang positif, produktif juga realistis untuk penghijauan di kota Sinjai, olehnya itu kami mengucapkan terima kasih kepada Kodim 1424 Sinjai yang telah memprakarsai kegiatan ini”. papar Camat Sinjai Utara A. Jefriyanto Asapa.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 1424 Sinjai, Letkol Arm. Franky JH Watuseke mengatakan, kegiatan penanaman pohon ini bertujuan sebagai wujud kepedulian TNI dalam menghijaukan dan melestarikan lingkungan hidup yang kian menurun belakangan ini.

“Kita dapat merasakan saat ini jika siang hari cuaca akan sangat panas dan inilah perlunya suatu pohon yang berada di sekitar kita. Pohon kita dimana-mana saat ini habis ditebang, untuk itu sekarang inilah untuk memulai penanaman “. ujarnya.

Penghijauan ini, kata Dandim, dilaksanakan secara serentak di wilayah Indonesia yang dicanangkan oleh Presiden dann dilanjutkan masing-masing instansi termasuk TNI. Kegiatan ini tidak berhenti sampai dsini saja namun akan dilanjutkan pada tingkat kecamatan melalui Danramil.

Sementara itu Bupati Sinjai yang diwakili Oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup Sinjai A. Mulawangsa mengungkapkan bahwa penanaman pohon ini merupakan Gerakan Penghijauan Kota (Gerhita) yang dicanangkan oleh Bupati Sinjai sejak tahun 2005 lalu dimana selama tujuh tahun ini telah ditanam sekitar 25 ribu pohon yang ada di kota Sinjai.

Penanaman pohon ini diharapkan Sinjai menjadi kota yang asri dan teduh sehingga tercipta hutan di kota. “Pohon sangat penting untuk mengatur tata air, mencegah tanah longsor, abrasi dan erosi serta mengurangi pemanasan global”. katanya.

Jumlah bibit yang ditanam sebanyak 250 pohon terdiri dari pohon trembesi, mahoni, sukun dan pohon kelapa. Tak hanya melibatkan unsure TNI, penanaman ini juga melibatkan Praja IPDN, masyarakat setempat, kaum pemuda dan para pelajar. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .