Mulai 1 Agustus, Pemkab Sinjai Berlakukan Pelayanan Perizinan Satu Pintu

Senin, 30 Juli 2012


Untuk menunjang pelayanan perizinan secara maksimal kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan akan memberlakukan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PPTSP) mulai 1 Agustus 2012. Hal ini berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 9 tanggal 25 juni 2012 tentang pelimpahan sebagian kewenangan pengelolaan dan penandatanganan perizinan dari unit kerja teknis kepada Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Kabupaten Sinjai yang beralamat di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 19 Sinjai.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan (BPMPP) Kabupaten Sinjai Andi Adeha Syamsuri saat ditemui di ruang kerjanya senin (30/7) mengatakan bahwa mulai tanggal 1 Agustus 2012 ada 10 jenis pelayanan perizinan yang akan dilimpahkan dan dikelola oleh BPMPP Sinjai.

Lebih lanjut dikatakan, tujuan PPTSP ini adalah untuk memudahkan masyarakat dalam proses pengurusan perizinan sehingga lebih transparan, mudah dan murah. “Kami berusaha menciptakan pelayanan prima kepada publik dengan memberikan mekanisme kemudahan dan proses yang semakin cepat”. ujarnya. 

Mantan Camat Buluppodo ini menjelaskan, Tahap awal ini pihaknya baru akan menangani 10 perizinan yang dilimpahkan oleh dinas teknis seperti Dinas Perindustrian perdagangan, Koperasi UKM dan Pertambangan Energi, Bagian Administrasi Pembangunan Setdakab, Diskominfobudpar, Dinas Perhubungan dan Dinas Pendapatan Daerah.

Izin itu di antaranya Surat Izin Tempat Usaha (SITU), Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Tanda Daftar Industri (TDI), Tanda Daftar Gudang (TDG), Izin gangguan (HO), Izin Usaha Jasa Konstruksi (IUJK), Izin Usaha Kepariwisataan, Izin trayek dan Izin penyelenggaraan reklame. “Langkah ini baru merupakan tahap awal dan secara bertahap seluruh pelayanan perizinan lainnya akan dipusatkan melalui PPTSP”. tambahnya.

Adeha Syamsuri pun menjamin tidak ada praktik pungutan liar (pungli) dalam proses pengurusan perizinan karena pembayaran tarif izin, pihaknya telah melengkapi pelayanan dengan layanan perbankan melalui Bank BPD Sulselbar cabang Sinjai. Dengan demikian, pemohon akan merasakan kemudahan dalam melakukan pengurusan setiap perizinan. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .