Bulan Puasa, Anggota Paskibra tetap Latihan

Senin, 13 Agustus 2012

Menjadi pasukan pengibar bendera merah putih dalam upacara HUT kemerdekaan Republik Indonesia menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi anak bangsa. Namun, jika latihan digelar dalam bulan ramadhan tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi mereka, karena harus mengikuti latihan dalam keadaan berpuasa, dimana mereka harus menahan lapar dan haus.
Pada tahun ini latihan tidak berbeda dengan latihan pada tahun lalu. Latihan tetap digelar Untuk memantapkan kesiapan dalam perayaan puncak peringatan HUT Proklamasi ke-67 tanggal 17 Agustus mendatang, Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra) menggelar latihan rutin.

Koordinator pelatih Kapten Yunar Umar mengatakan, Latihan rutin ini dimulai sejak tanggal 29 Juli 2011 setiap pagi, sore dan malam yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Sinjai Lama. Dia mengakui sesi latihan dalam suasana bulan Ramadhan berat, tapi tetap dilakukan dengan upaya semaksimal mungkin sehingga hasil yang diharapkan dapat maksimal juga.

“Tidak ada perbedaan latihan tahun ini dengan tahun lalu, para anggota paskibra itu berlatih mulai pagi hingga sore hari, bahkan juga kita lakukan pada malam hari setelah shalat tarwih”. katanya.

Namun ia menjelaskan bahwa jika pada tahun sebelumnya peserta dikarantina ketika menjelang hari pelaksanaan, pada tahun ini seluruh peserta telah dikarantina sejak awal yakni tanggal 30 juli lalu. “Kami karantina sejak awal bertempat di Mess Perssin untuk melatih disiplin dan bisa tampil maksimal pada hari puncak nantinya”. tutur Yunar Umar.

Anggota Paskibra yang berjumlah 48 orang ini berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dari 9 kecamatan di Kabupaten Sinjai. Peserta yang direkrut sebagai Paskibra dilakukan melalui seleksi ketat yang digelar pada pertengahan juli lalu.

Tim pelatih melibatkan anggota TNI, Polres Sinjai, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) serta dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sinjai. Ke 48 pelajar tersebut dibekali berbagai materi latihan, mulai dari pembentukan sikap, penegakan disiplin, mental dan fisik hingga latihan baris berbaris. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .