Dinkes Minta Warga Waspadai Diare

Senin, 06 Agustus 2012

Dinas Kesehatan Sinjai menghimbau masyarakat selalu menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungannya. Terutama mewaspadai penyakit berbasis lingkungan di musim pancaroba ini.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan (Yankes) Dinas kesehatan Sinjai dr. Jufri saat ditemui mengatakan, dimusim yang tak menentu (pancaroba) serangan penyakit rawan terjadi. Apalagi di musim sekarang yang terkadang hujan tiba-tiba, meski kondisi panas terik.

“Warga patut mewaspadai datangnya penyakit dimusim pancaraoba ini. Terutama penyakit diare, Infeksi saluran pernapasan (ISPA), demam berdarah dan penyakit kulit. Serangan penyakit itu tidak dapat diprediksi dan rentan menyerang di seluruh wilayah Sinjai”. katanya

Jufri menambahkan, dalam mengantisipasi penyakit ataupun mencegah timbulnya penyakit di tengah masyarakat, maka setiap warga harus menjaga kebersihan lingkungan. Termasuk dari berbagai jenis makanan yang dikonsumsi. Alasannya, kebersihan lingkungan dan makanan itu menjadi salah satu faktor pemicu timbulnya penyakit yang pada umumnya disebabkan jentik-jentik bakteri dan kuman.

Saat ini pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan juga melakukan fogging (pengasapan) pada daerah-daerah yang rawan terhadap penyakit. “Bila ada warga yang mengalami gejala sakit segera periksa diri ke puskesmas terdekat. Pihak petugas siap memberikan pelayanan maksimal”. kunci Jufri. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .