Legislator Selayar Belajar Kesehatan Gratis Di Sinjai

Selasa, 07 Agustus 2012


Komisi C Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan  DPRD Kabupaten Kepulauan Selayar, menggelar Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Sinjai, Senin (6/8). Dalam kunker itu mereka mempelajari tentang kesehatan gratis yang telah diterapkan di Sinjai.  Kunjungan kerja ini dipimpin oleh Ketua Pansus C DPRD Selayar  Adi Ansar S.Hut.

Adi Ansar mengatakan Tujuan kunjungan ini adalah untuk menggali informasi terkait dengan pelayanan kesehatan yang selama ini diterapkan di Sinjai mulai dari sistem regulasi hingga pada aplikasi dalam rangka memperkaya wahana pembahasan ranperda pelayanan kesehatan yang saat ini telah dibahas di DPRD Selayar.

“Kunjungan kerja kami dalam rangka sharing pendapat dan informasi terkait Pelaksanaan Kesehatan Gratis di Sinjai,” jelas Adi Ansar.

Pihaknya sengaja memilih Kabupaten Sinjai sebagai tempat untuk belajar tentang pelayanan kesehatan dikarenakan masukan dan informasi dari masyarakat dimana kabupaten Sinjai merupakan daerah pertama di Di Sulawesi Selatan yang menerapkan  kesehatan gratis sejak tahun 2004 lalu. 

“Kami memilih Sinjai karena daerah ini adalah penggagas pelayanan kesehatan gratis sejak tahun 2004 dan juga berdasarkan masukan dari statetment Bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa ketika berkunjung ke Selayar tahun lalu yang memaparkan tentang pelayanan kesehatan di Sinjai”. jelasnya.

Anggota dewan asal Selayar ini diterima langsung oleh Asisten II  Bidang Perekonomian Setdakab Sinjai H. Muhlis Isma yang didampingi oleh Wakil ketua DPRD Sinjai Muhtar Mappatoba, Direktur RSUD Sinjai, Kepala Dinas Kesehatan Sinjai dan Kepala Bapel Jamkesda bertempat di Ruang Pertemuan RSUD Sinjai.

Asisten II setdakab Sinjai H. Muhlis Isma menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sinjai sangat menyadari bahwa penyelenggaraan kesehatan gratis merupakan salah satu upaya strategis dan mendasar dalam rangka meningkatkan kecerdasan, harkat dan martabat serta derajat masyarakat Kabupaten Sinjai.

Program pelayanan kesehatan gratis, kata Muhlis pertama kali muncul dari ide Bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa diawal kepemimpinannya dan hingga saat ini telah melayani seluruh masyarakat Sinjai secara gratis.

“Inti dari pelayanan kesehatan gratis di Sinjai ini adalah Program jamkesda yang dimulai sejak tahun 2004 dimana tahun itu menjadi titik awal lahirnya inovasi dan pengembangan dibidang kesehatan”. Papar Muhlis Isma.

Pelayanan kesehatan gratis dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat dan produktifitas bagi masyarakat Sinjai. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .