Pemkab Sinjai Tetapkan Zakat Fitrah 19.250 Rupiah

Rabu, 15 Agustus 2012

Pemerintah Kabupaten Sinjaimenetapkan besaran zakat fitrah pada Idul Fitri 1433 Hijriah sebesar Rp 19.250per jiwa atau setara 3,5 liter beras dengan asumsi harga beras Rp. 5.500 perliter.

Ketetapan tersebut berdasarkan kesepakatan bersama dari hasil rapat yang digelar bersama institusiterkait lainnya seperti Bagian Ekonomi, Bagian Kesejahteraan Rakyat, KantorKementerian Agama, Dolog, Ormas Islam dan Pertimbangan Badan Amil Zakat (BAZ) Sinjaipada beberapa pekan lalu.

Sekertaris DaerahKabupaten Sinjai Tayyeb A. Mappasere mengatakan, zakat fitrah merupakan salahsatu kewajiban umat muslim agar mendapatkan amalan pahala dan menjadi solusimengatasi kemiskinan di bulan suci ini.

"Besarnya zakatfitrah yang ditetapkan ini berdasarkan pada hasil survei harga beras yang adadipasaran. Hasilnya disepakati bahwa untuk pembayaran zakat fitrah biladiuangkan nilainya setara dengan Rp.19.250 atau setara 3,5 liter beras dan iniberlaku di seluruh kecamatan yang ada d Sinjai. " katanya.

Sedangkan untukmasyarakat yang mengkonsumsi beras jagung dikenakan zakat fitrah sebesar Rp.10.500 per jiwa.

Kepala KantorKementerian Agama Sinjai H. Mudarak Dahlan menjelaskan bahwa zakat memilikiarti penting bagi para fakir miskin dan kaum dhuafa lainnya agar dapat hiduplebih layak dan sejahtera, sehingga zakat harus dikeluarkan untuk mengurangibeban hidup mereka.

“Zakat fitrah yang akandiserahkan nantinya haruslah beras yang layak dan bisa dimakan olehmasing-masing wajib zakat, atau dinilai dengan uang sesuai dengan harga pasaransaat ini”. jelasnya.

Namun demikian, lanjut MudarakDahlan, alangkah baiknya kalau masyarakat membayarkan zakatnya menggunakanberas sesuai dengan ketentuan bahwa zakat dibayar dengan kebutuhan pokok yangkita makan sehari-hari.

Di samping itu, Kemenagmenghimbau masyarakat agar segera menunaikan zakat fitrah yang telah diwajibkanpada setiap pribadi muslim. Tempat menunaikan zakat diserahkankepada amil zakat, atau menyerahkan kepada yang berhak menerimanya sebagaimanayang telah ditetapkan. “Bayarnya boleh di mesjid atau boleh juga ke UnitPengumpul Zakat (UPZ) dan amil zakat yang akan menyalurkan kepada yangberhak menerimanya,” tandasnya. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .