UKG terkendala Jaringan Internet

Rabu, 01 Agustus 2012


Pelaksanaan Ujian Kompetensi Guru (UKG) yang dimulai secara serentak sejak hari senin (30/7) yang dipusatkan di SMA 1 dan SMK 1 Sinjai terkendala oleh gangguan teknis. Ujian yang dilakukan secara online atau melalui internet itu terhambat karena adanya gangguan dari server pusat yang menyebabkan para peserta tidak dapat mengakses naskah ujian melalui internet.

Akibatnya, sejumlah guru yang masuk dalam daftar peserta ujian harus menunggu berjam-jam karena tidak dapat mengakses server pusat. “Ada gangguan teknis pada pelaksanaan UKG dimana data soal dari pusat tidak dapat diakses hingga hari kedua ini. Katanya ini memang gangguan dari pusat”. kata Muhiddin selaku Koordinator lokasi panitia UKG di SMK 1 Sinjai.

Hal yang sama juga terjadi di SMA 1 Sinjai, puluhan guru harus gigit jari dan kecewa karena tidak dapat mengikuti ujian kompetensi ini. Dimana di tempat ini hanya ada satu unit komputer yang terkoneksi dengan server pusat. 

Akibat gangguan tersebut, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulsel selaku penanggung jawab kegiatan tetap akan membuatkan berita acara terkait kondisi yang dialami peserta ujian kompetensi untuk selanjutnya dilaporkan ke pusat.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sinjai Drs. A. Grandyanto Asapa saat ditemui, mengakui jika pelaksanaan UKG ini terkendala karena server lokal dan pusat tidak terkoneksi. “Kendala ini tidak hanya terjadi di Sinjai tetapi hampir semua terjadi di daerah lain”. katanya. 

Ujian ini rencananya akan berlangsung selama sembilan hari hingga tanggal 7 Agustus 2012 yang diikuti oleh ribuan guru yang telah lolos sertifikasi mulai dari guru tingkat TK, SD, SMP hingga SMA. “Setiap hari ada tiga gelombang ujian. Jumlah peserta mencapai ribuan orang sehingga harus bergiliran”. tandas Grandyanto. 

UKG ini merupakan program pemerintah pusat yang berlangsung secara serentak dan diikuti 1 juta orang lebih guru se-Indonesia yang bertujuan untuk memetakan kompetensi dan kualitas para pengajar. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .