Gerakan Pramuka Harus Ciptakan Kemandirian

Sabtu, 01 September 2012

Gerakan Pramuka yang berkembang di tingkat sekolah diharapkan mampu mengendepankan kemandirian. Revitaliasasi gerakan pramuka salah satu poinnya adalah menciptakan kemandirian organisasi, tidak cukup hanya dengan mengandalkan iuran anggota dan bergantung pada bantuan pemerintah, Gerakan Pramuka harus memiliki sumber dana sendiri.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Sinjai, Andi Massalinri Latief saat membacakan sambutan seragam Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Prof Dr dr H Azrul Azwar pada upacara Hari Pramuka ke 51 tahun 2012 yang berlangsung pada sabtu (1/9) di Lapangan Sinjai Bersatu.

Dikatakannya, sejalan dengan Tema Hari Pramuka ke 51 tahun ini yakni ‘Tingkatkan Kemandirian Gerakan Pramuka untuk keberhasilan pembentukan karakter kaum muda” maka seluruh kwartir diharapkan dapat mengoptimalkan aset yang dimiliki atau membentuk unit usaha yang dapat dikelola atau dikerjasamakan dengan pihak ketiga.

"Dengan mengelola unit usah, maka ketergantungan terhadap bantuan pihak lain bisa berangsur-angsur dikurangi sehingga otonomi dan independensi gerakan pramuka tetap terjaga." tegasnya.

Pada kesempatan tersebut, Beliau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan gerakan pramuka.

"Kita masih berhadapan dengan banyak tantangan lain yang amat besar diantaranya adalah kemandirin gerakan pramuka, yang seyogyanya jangan dan tidak boleh hanya bergantung pada bantuan pemerintah saja, meskipun bantuan tersebut sebenarnya dijamin dalam Undang-undang". jelas Wakil Bupati.

Dilanjutkannya, kepada para pimpinan baik kwartir daerah, kwartir cabang, kwartir ranting dan pembina gerakan pramuka, kiranya bersama-sama meningkatkan kualitas gugus depan sebagai wahana pendidikan karakter bangsa.

Hadir dalam upacara tersebut adalah unsur muspida, para kepala SKPD, para pengurus Kwarcab, Kwarran, pelatih, pembina gugus depan gerakan pramuka, kepala Sekolah dan peserta pramuka mulai dari tingkat Sekolah dasar hingga Sekolah Menengah Atas. (Haeran/Yasir)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .