KPU Sinjai Sosialisasi Pemutakhiran Data Pemilih

Rabu, 26 September 2012

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai telah melaksanakan Sosialisasi Pemutakhiran Data pemilih untuk Pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan periode 2013-2018. Acara sosialisasi dilaksanakan di Rumah Makan Nikmat Sinjai, pada selasa (25/9).

Acara itu dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Sinjai Dra.Hj. Kartini, Unsur Muspida, para camat, ketua dan anggota KPU Sinjai, Panwaslu , pimpinan partai politik dan beberapa pihak terkait lainnya dari unsur tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda.

Ketua KPU Sinjai Sofyan Hamid mengatakan, sosialisasi itu dilaksanakan karena proses penyelenggaraan dan tahapan pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan periode 2013-2018 telah memasuki tahapan calon dan pemutakhiran data dan daftar pemilih.

“Kegiatan sosialisasi pemutakhiran data dan daftar pemilih ini dilaksanakan untuk mengantisipasi para pemilih yang belum terdata oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (P2DP) dimasing-masing desa/kelurahan”, katanya.

Dikatakannya bahwa proses pemutakhiran data pemilih saat ini tengah berlangsung yang dimulai sejak tanggal 15 september dan dibutuhkan selama sebulan untuk melakukan proses pemutakhiran data ini.

Untuk itu Sofyan menghimbau kepada seluruh penduduk yang belum terdaftar sebagai pemilih agar mengurus kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Sinjai. “Jadi indikator kami ada pada dinas Dukcapil Sinjai dalam menentukan jumlah pemilih. Penduduk yang memiliki KTP Sinjai secara otomatis sudah terdaftar sebagai pemilih”, jelas Sofyan Hamid

Hingga saat ini Daftar Pemilih Sementara (DPS) yang telah terdaftar sebagai pemilih berjumlah 186 ribu, dan ini akan diperkirakan akan terus bertambah. “Jumlah ini masih sementara dan nantinya akan kami umumkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT)”. Ujarnya.

Hendaknya proses sosialisasi pemutakhiran data dan daftar pemilih ini, dapat membantu untuk memastikan bahwa penduduk Sinjai yang mempunyai hak pilih telah terdaftar sebagai pemilih sesuai dengan peraturan undang-undangan yang berlaku. Dan diharapkan warga dapat menyalurkan hak pilihnya dengan sebaik-baiknya pada Pemilukada Pilgub Sulsel yang telah dijadwalkan akan digelar pada 22 januari 2013 nanti. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .