Sekda Sinjai : Kartu Pegawai Elektronik Multifungsi

Rabu, 26 September 2012

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Kepegawaian Daerah Sinjai bekerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulselbar cabang Sinjai melakukan penyerahan Kartu Pegawai Elektronik (KPE) tahap pertama bertempat di Ruang pola Kantor Bupati Tanassang Rabu siang (26/9).

KPE  merupakan kartu identitas PNS yang memuat data-data secara elektronik. Berbeda dengan kartu pegawai sebelumnya, KPE khusus dirancang sehingga tidak dapat digandakan. Dengan demikian diharapkan penggunaan KPE dapet menghindari adanya Nomer Identitas Pegawai (NIP) ganda serta penyalahgunaan kartu pegawai.

Pimpinan Bank BPD Sulselbar cabang Sinjai Aras Tusdin Rasyid mengatakan KPE ini tampilannya lebih elegant dari pada Kartu Pegawai yang lama dengan dilengkapi dengan microchip yang memuat data elektronis pemilik KPE.

Adapun KPE dapat dipergunakan, sebagai Kartu Pegawai (Pengganti Karpeg), Kartu Asuransi Kesehatan (Askes), Kartu Pensiun (Taspen), Kartu Perumahan (Bapertarum), Kartu Perbankan (ATM). “Jika kartu ini rusak kami siap mengganti dengan yang baru tanpa dipungut biaya” ungkapnya dihadapan para Kepala SKPD di Lingkup Pemkab Sinjai.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten Sinjai Tayyeb A. Mappasere mengungkapkan bahwa untuk tahap pertama jumlah KPE yang diserahkan sebanyak 105 kepada para PNS dan ini akan dilakukan secara bertahap hingga seluruh PNS menggunakan kartu elektronik ini.

Tayyeb menambahkan, Kartu Identitas Pegawai Negeri Sipil ini memuat data PNS dan keluarganya secara elektronik dan tetap berlaku setelah PNS yang bersangkutan pensiun. “ "Kartu PNS Elektronik memiliki multi fungsi, baik sebagai tanda pengenal pegawai, maupun sarat dengan fungsi lainnya yang bermanfaat ekonomis, dan ini memudahkan para pegawai dalam berbagai keperluan khususnya untuk transaksi perbankan”, jelasnya.

Dengan adanya KPE diharapkan pelayanan urusan kepegawaian akan makin transparan, objektif, efektif dan efesiennya serta memberikan motivasi kepada para pegawai dalam meningkatkankan kinerjanya. (Haeran/Yasir)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .