Pemkab Cetuskan Desa Peduli Pembangunan

Rabu, 12 Desember 2012

Sebagai upaya meningkatan kapasitas lembaga pemerintahan desa dalam penataan administrasi serta untuk memberikan fasilitasi kepada masyarakat  agar dapat berperan secara optimal dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, Pemkab Sinjai mengeluarkan terobosan baru dengan melaksanakan program Lomba Desa Peduli Pembangunan Award.

Program ini rencananya akan dimulai tahun 2013, dimana seluruh desa akan dilakukan penilaian dengan mengacu beberapa variabel. Hal ini disampaikan oleh Pelaksana Tugas Asisten Tata Praja Setdakab Sinjai, Lukman Mannan S.Ip, M.Si ketika membuka sosialisasi program  Desa Peduli Pembangunan Award, pada selasa (11/12) bertempat di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang.

Lukman juga menjelaskan, program ini berbeda dengan lomba desa yang diikuti tiap tahunnya, dimana program ini tim penilai akan turun secara rutin pada waktu-waktu tertentu ke setiap desa untuk melakukan penilaian. “Jadi nantinya tim akan melakukan penilaian sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya, sedangkan lomba desa penilaiannya secara terbuka dan hanya satu kali,”. bebernya.

Tim perumus kegiatan, Lukman Dahlan mengatakan bahwa program ini muncul dari ide murni pemkab sinjai dalam rangka meningkatkan partisipasi desa untuk peduli terhadap setiap program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah.

Terkait dengan indikator penilaian, Lukman Dahlan yang juga Kabag Hukum dan HAM setdakab Sinjai mengatakan, tidak berbeda jauh dengan penilaian pada lomba desa yang selama ini diikuti. “Ada 8 indikator penilaian dan paling penting disini, desa punya inovasi yang dicetuskan,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Desa Setdakab Sinjai, Junaedi Mustafa, mengatakan lomba yang dilaksanakan ini nantinya untuk mendorong dan memotivasi masyarakat desa untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan secara baik. ''Kami harapkan lomba jangan dijadikan beban bagi masyarakat desa, melainkan langkah perbaikan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat,'' ujar Junaedi. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .