KPU Sinjai Buka Pendaftaran Pilbup

Kamis, 10 Januari 2013

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai  membuka pendaftaran pasangan calon bupati (Cabup) dan calon wakil bupati (Cawabup) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Sinjai 2013-2018 , mulai sabtu (5/1) hingga jumat (11/1).

Anggota KPU Sinjai Divisi Perencanaan, Data, Logistik dan Keuangan, Jaenu, Rabu (9/1), mengatakan KPU saat ini menerima berkas pendaftaran yang diajukan Cabup dan Cawabup yang diusung partai politik (Parpol).

“Untuk calon independen pengumpulan berkas dukungan telah dibuka pada bulan desember lalu dan ada beberapa pasangan yang mendaftar. Sedang untuk calon yang diusung partai politik telah dimulai sejak sabtu pekan lalu,” jelas Jaenu.

Mengenai persayaratan Parpol yang dapat mengajukan pasangan Cabup dan Cawabup, menurutnya, adalah partai politik atau gabungan parpol yang memperoleh suara sah paling sedikit 15 persen kursi di DPR atau 15 persen suara sah hasil pemilu  legislatif tahun 2009. Bagi calon independen memiliki dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP)  minimal 14.043 lembar.

Sementara itu, hingga rabu (8/1), sudah ada lima pasangan calon yang telah mendaftar lewat parpol/gabungan parpol, yakni Anis Asra-M. Yahya, Syamsul Qamar-Marwah Jufri, A.Seto Gadhista Asapa-Muhtar Mappatoba, Mahyanto Massarappi-Massalinri Latief, dan Sabirin Yahya-Fajar Yanwar.

Setelah tahapan proses pendaftaran ini, kata Jaenu, akan dilanjutkan dengan verifikasi setiap berkas pasangan calon yang masuk untuk selanjutnya akan ditetapkan jadi calon pasangan yang akan bertarung pada tanggal 17 April mendatang. (Haeran/Iswan)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .