Sosialisasi UU No. 17 Tahun 2012 Tentang Perkoperasian

Senin, 04 Februari 2013

Dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Sinjai menggelar sosialisasi Undang-Undang perkoperasian No 17 Tahun 2012 yang baru disahkan pada 18 Oktober 2012 lalu. Kegiatan ini berlangsung di Rumah makan Nikmat Sinjai, senin (4/2)

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sinjai Kabupaten Sinjai H. Ilyas Abbas mengakui jika adanya UU Perkoperasian yang baru bisa membuat koperasi di Kabupaten Sinjai dapat lebih berkembang dan berjalan sehat.

Menurutnya, hal mendasar lahirnya UU ini adalah disebabkan karena undang-undang sebelumnya yakni UU nomor 25 tahun 1992 yang berlaku selama 20 tahun terakhir ini peran koperasi di Indonesia sangat kurang dibandingkan dengan pelaku usaha lainnya.

"Sejak UU nomor 25 tahun 1992 diterapkan, koperasi kalah bersaing dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun badan swasta lannya," jelasnya.

Sementara itu Bupati Sinjai yang diwakili oleh Sekertaris daerah Sinjai Tayyeb A. Mappasere ketika membuka sosialisasi ini mengatakan bahwa, selama diberlakukannya UU nomor 25 tahun 1992 peran koperasi kurang maksimal, hal ini dibuktikan banyaknya koperasi yang tidak aktif, khususnya di Sinjai.

Lanjut kata dia, jika dibandingkan dengan periode sebelum berlakunya UU nomor 25 tahun 1992, perkembangan dan peranan koperasi di Sinjai sangat dirasakan masyarakat. "Ini terbukti dengan tahun demi tahun jumlah anggota koperasi semakin meningkat," kata Tayyeb.

Untuk itu, Tayyeb Berharap dengan diberlakukannya UU yang baru mampu mengatasi masalah-masalah yang dihadapi koperasi pada masa mendatang serta perlu adanya peningkatan kualitas dan pembinaan terhadap anggota koperasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Propinsi Sulsel, ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Sinjai Drs, Latif Parman, Pelaksana tugas Asisten II Ekonomi Pembangunan Setdakab Sinjai Andi Mulawangsa Mappakalu serta diikuti oleh seluruh pengurus koperasi se-Kabupaten Sinjai. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .