90 Persen Masyarakat Pulau Padaelo Berprofesi Nelayan

Selasa, 19 Maret 2013

Desa Pulau Padaelo yang terletak di Kecamatan Pulau IX, sebagian besar warganya berprofesi sebagai nelayan. Mengingat kondisi daerah ini merupakan wilayah kepulauan dimana sektor perikanan dan kelautan merupakan sektor potensial dan andalan di desa tersebut.

Kepala Desa Pulau Padaelo, Makmur, ketika ditemui mengatakan bahwa warga yang ada di desa Pulau Padaelo 90 persen adalah sebagai nelayan dan selebihnya adalah Pegawai Negeri Sipil, Wiraswasta dan pedagang.

Sebagai wilayah kepulauan dengan aneka jenis ikan yang beraneka ragam dihasilkannya seperti ikan kerapu, sunu, ikan teripang dan lobster."Jenis ikan tersebut merupakan potensi terbesar yang ada di Desa Pulau Padaelo dan merupakan mata pencaharian utama penduduk yang ada di wilayah kami," katanya.

Namun menurutnya, yang sering menjadi kendala para nelayan adalah kondisi alam yang tidak selamanya bersahabat khususnya ombak di laut sehingga profesi ini tidak dapat dilakukan setiap saat tetapi disesuaikan dengan kondisi cuaca.

Untuk mensiasati hal tersebut para nelayan ketika cuaca dan ombak kurang bagus mereka lebih memilih mengolah rumput laut sebagai profesi sampingan. "Jika cuaca tidak bagus, nelayan  tidak melaut dan memilih untuk mengolah rumput laut," jelas Makmur.

Desa Pulau Padaelo terdiri atas dua gugusan pulau yakni pulau Batang Lampe dan Kodingare yang didiami oleh penduduk  berjumlah 1.125 jiwa. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .