Bupati Resmikan Puskesmas Biji Nangka Kec. Sinjai Borong

Kamis, 28 Maret 2013

Pembangunan bidang kesehatan di daerah ini semakin tahun semakin meningkat, terbukti sejak tahun 2004, hingga sekarang telah terdapat 16 puskesmas yang tersebar di sembilan kecamatan.

Hal itu diungkapkan bupati, Andi Rudiyanto asapa saat melakukan peresmian puskemas biji nangka, Selasa (26/03) di Kecamatan Sinjai Borong.

Menurut bupati, hal ini telah menunjukkan komitmen dan keseriusan pemerintah daerah untuk memperhatikan dan memenuhi kebutuhan dasar masyarakat.

Selain program Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang telah menjadikan sinjai sebagai pelopor peningkatan pembangunan kesehatan, pembangunan sarana dan prasarana dibidang kesehatan bahkan telah berkembang pesat.

"Pada tahun 2014 diawal masa bakti saya sebagai bupati baru terdapat 13 puskesmas, dan sekarang pada tahun 2013 ini kita telah memiliki 16 puskesmas yang terdiri dari 12 puskesmas rawat inap dan 4 puskesmas rawat jalan", Katanya.

Lebih lanjut, puskemsas yang baru dibangun dan ditingkatkan statusnya adalah puskesmas kampala kecamatan sinjai timur, puskesmas tengnga lembang sinjai barat dan puskesmas biji nangka sinjai borong.

"Saat ini tidak ada lagi kecamatan yang tidak memiliki puskesmas, bahkan ada kecamatan dimana terdapat 2 puskesmas, seperti di kecamatan sinjai timur, sinjai tengah, sinjai barat, sinjai selatan, tellulimpoe dan sinjai borong serta tidak ada lagi desa diwilah sinjai yang tidak memiliki pustu beserta tenaga kesehatannya", sambung Bupati.

Sementara itu, Andi Suriyanto Asapa dalam laporannya menjelaskan, puskesmas bijinangka sebelumnya hanya berfungsi sebagai peuskemas pembantu (pustu) dengan lokasi yang berbeda sekarang ini.

"Kami laporkan bahwa tanah dan lokasi didirikannya bangunan puskesmas ini merupakan tanah hibah dari tokoh masyarakat andi asis taheron", Katanya. Adapun biaya pembangunan puskesmas biji nangka termasuk rumah dinasnya bersumber dari dana alokasi khusus (DAU) dan pendampingan DAU 2012 yang besarnya mencapai Rp.788 juta lebih.

Saat ini, lanjut dia, puskesmas bijinangka juga telah dilengkapi sarana dan prasarana seperti ambulance dan kelengkapan alat kesehatan lainnya. Persmian puskesmas bijinangka ditandai dengan pengguntingan pita oleh bupati sinjai. (Clk)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .