Forum SKPD Sebagai Wujud Perencanaan Pembangunan Daerah

Kamis, 21 Maret 2013

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Daerah (Bappeda) Sinjai melaksanakan Forum Rencana Kerja Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sinjai tahun 2014, di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (20/3).

Forum yang digelar selama hari ini dibuka oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Sinjai Tayyeb A. Mappasere dan dihadiri oleh Wakil Ketua dan Anggota DPRD Sinjai, para Kepala SKPD/Kepala bagian, Camat dan para pejabat struktural di Lingkup Pemkab Sinjai.

Ketua Panitia, Rolly Korengkeng dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini adalah membahas dan menetapkan prioritas rencana program dan kegiatan dalam mewujudkan sasaran pembangunan daerah tahun anggaran 2014, menyelarasan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi SKPD berdasarkan usulan program dan kegiatan hasil Musrenbang kecamatan. "Forum ini juga untuk melakukan penajaman indikator dan target kinerja program sesuai tupoksi SKPD," jelasnya.

Bupati Sinjai yang diwakili oleh Sekda Sinjai Tayyeb A. Mappasere dalam sambutannya menyampaikan bahwa Forum SKPD yang dilaksanakan ini merupakan langkah awal sebelum melaksanakan Musrenbang Kabupaten, hendaknya diarahkan untuk mampu menelorkan kebijakan pembangunan yang pro rakyat untuk kemajuan daerah.

"Kegiatan ini langkah strategis dalam proses perencanaan pembangunan untuk membahas hasil musrembang tingkat kecamatan dan rencana kerja masing-masing SKPD," ungkapnya.

Disamping itu, lanjut Tayyeb, forum  ini merupakan salah satu instrument penting dalam alur mekanisme perencanaan pembangunan daerah, dalam penyusunan prioritas anggaran Tahun 2014 yang memberikan kewenangan kepada SKPD dalam menentukan bentuk dan jenis penyelengaraan tupoksinya berdasarkan kebutuhan masyarakat yang diselaraskan dengan hasil dari musrenbang di tingkat kecamatan.

"Kita harapkan output forum SKPD ini adalah finaliasi kegiatan yang menjadi rencana kerja SKPD untuk tahun 2014 mendatang," harap Tayyeb. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .