Penguatan dan Pengembangan Forum Anak

Rabu, 20 Maret 2013

SB - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (KB) Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan penguatan dan pengembangan forum anak, Rabu (20/03) di ruang pola eks kantor bupati sinjai.

Kegiatan yang mengangkat tema “Rencana Aksi Forum Anak Kabupaten Sinjai” itu dibuka oleh Sekertaris Daerah Sinjai, Taiyeb A. Mapassere.

Plt Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Khaerani Dahlan mengatakan seperti tahun sebelumnya kegiatan ini untuk memilih dan menghasilkan duta anak yang akan mewakili sinjai pada pemilihan duta anak tingkat propinsi sampai ke tingkat nasional.

"Salah satu kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadi duta anak adalah bisa berkomunikasi dalam bahasa inggris", Tambahnya. Dikatakan, pemilihan duta anak tersebut nantinya akan diberikan simulasi dan berbagai macam permainan, dimana yang akan memilih siapa yang berhak menjadi duta anak anak adalah dari siswa-siswi itu sendiri.

"Kita ingin anak-anak sinjai juga mempunyai wadah yang bisa mengapresiasi bakat dan kemampuan dan memberikan perlindungan hak-hak kepada mereka hingga tidak terjadi eksploitasi anak dan kekerasan pada anak, sehingga bakat dan kemampuan mereka bisa tersalurkan sesuai dengan potensi masing-masing”, Pintanya.

Sementara, Taiyeb A. Mappasere sangat mengapresiasi kegiatan tersebut karena merupakan langkah maju dalam upaya peningkatan partisipasi anak di daerah Sinjai. "anak merupakan pelanjut cita-cita bangsa, negara dan agama, sehingga kegiatan ini dapat dijadikan momentum untuk menggugah dan membangkitkan kesadaran kita semua akan pentingnya perlindungan hak anak termasuk pemenuhan pelayanan kesejahteraan dan perlindungannya”,Katanya.

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan pelajar dari tingkat SMA, SMP dan Sederajat Se-Kabupaten Sinjai serta para guru pendamping masing-masing sekolah.

Diharapkan setiap peserta mampu mengedepankan dan menerjemahkan setiap materi maupun arahan dari pemateri agar dapat meningkatkan kepedulian terhadap kesejateraan anak. Materi yang di bahas salah satunya, tentang pemilihan duta anak tahun 2013 dari Lembaga Perlindungan Anak SulSel, Ir. Fadiah Machmud.(Lela/Clk)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .