PIK Al-Usybul Bahriy MAN 1 Sinjai Utara Wakili Sinjai Tingkat Propinsi

Sabtu, 30 Maret 2013

Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Al-Usybul Bahriy MAN 1 Sinjai Utara mewakili Kabupaten Sinjai ke tingkat Propinsi Sulsel dalam lomba PIK Remaja. Tim penilai PIK Remaja Propinsi Sulsel melakukan penilaian dengan mengunjungi langsung  MAN 1 Sinjai Utara, Kamis (28/3). 

Rombongan tim penilai dipimpin oleh Hj. Rahmatiah ST dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana  Nasional (BKKBN) Propinsi Sulsel, didampingi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Sinjai, Haerani Dahlan.
 
Kepala MAN 1 Sinjai Utara Dra. Kamriati Anies, mengatakan bahwa keberadaan PIK di sekolah berperan dalam mengantisipasi kenakalan remaja, selain itu membantu siswa mendapatkan informasi dan pelayanan konseling yang cukup dan benar.

“Dengan adanya kepercayaan yang diberikan oleh BPPKB Kabupaten Sinjai kepada PIK MAN 1 untuk mewakili Sinjai dalam lomba PIK Remaja Tingkat Propinsi Sulsel. Kita optimis menjadi yang terbaik dan menjadi percontohan bagi yang lain dan terus berprestasi," ujar Kamriati.

Ketua Tim Penilai, Hj. Rahmatiah mengatakan bahwa lomba PIK remaja ini dilakukan setiap tahun guna mencari kelompok terbaik yang akan diusulkan ke tingkat nasional. Tujuannya adalah untuk meningkatkan PIK-R dari tumbuh menjadi tegak, dan dari tegak menjadi tegar. "Melalui wadah PIK-R kita ingin membangun mental remaja yang berprilaku sehat, terhindar dari masalah sex bebas, HIV AIDS dan Napza," ujarnya.

Dijelaskan juga, kriteria dalam penilaian penilaian lomba PIK-R diantaranya kemampuan pendidik sebaya dan konselor sebaya, materi dan isi pesan yang disampaikan, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan, akses jaringan dalam pemberian informasi serta inovasi dan kreatifitas yang mampu ditampilkan PIK-R. “Kita berharap keberadaan PIK-R dapat memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di sekolah,” harapnya. (Haeran/Anti)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .