45 Koperasi di Sinjai Tidak Aktif

Senin, 08 April 2013

Peran koperasi dalam membantu perekonomian, khususnya ekonomi rumah tangga sebenarnya sangat dirasakan masyarakat. Namun sayangnya tidak semua koperasi yang ada aktif beroperasi. Hal ini membuat masyarakat tidak bisa maksimal memanfaatkan dana koperasi.

Berdasarkan data dari dinas koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sinjai terdapat 36 persen dari 125 koperasi di Kabupaten Sinjai saat ini tidak berjalan dengan baik atau tidak aktif sebagaimana fungsi koperasi karena lemahnya permodalan.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sinjai H. Ilyas Abbas saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, dari 125 buah koperasi di Sinjai, 80 buah diantaranya masih aktif dan berjalan sesuai dengan fungsinya. Sementara 45 buah dinyatakan tidak aktif.

Menurut Ilyas Abbas, masih banyaknya koperasi yang belum berjalan sesuai dengan ketentuan antara lain disebabkan berbagai kendala, diantaranya masih rendahnya pemahaman anggota dan pengurus tentang nilai-nilai dasar, prinsip koperasi dan aturan main dalam perkoperasian.

Selain itu, pendirian koperasi tidak didukung dengan modal yang kuat dan hanya berharap mendapatkan bantuan kredit modal dari pemerintah untuk menjalankan kegiatan usaha. Akibatnya, pengurus koperasi tidak bisa menjalankan program sehingga usaha koperasi mandek. Koperasi yang tidak aktif juga tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT).

“Sebagian koperasi yang tidak aktif juga disebabkan karena tidak mampu melaksanakan RAT, padahal rapat tahunan ini merupakan kewajiban setiap koperasi sebagai pertanggungjawaban," ungkapnya.

Sebagai upaya untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Koperasi dan UMKM Sinjai terus melakukan pembinaan dan pelatihan terhadap para pengurus koperasi serta melakukan revitalisasi koperasi. Langkah tersebut dilakukan guna kembali menghidupkan peran koperasi dalam mendukung ekonomi kerakyatan.

Sementara itu Sisa Hasil Usaha (SHU) koperasi di Sinjai mengalami peningkatan, dimana pada tahun 2010 SHU yang dicapai 2, 594 milyar rupiah, dan pada tutup buku tahun 2012 ini SHU menjadi 3,906 milyar rupiah. (Haeran/A.Yanti M)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .