Asisten II Setdakab Sinjai Buka Rapat Koordinasi Pokjanal Posyandu

Rabu, 24 April 2013



Kesehatan, pendidikan dan agama merupakan tiga pilar yang tak terpisahkan dan sangat mempengaruhi kualitas hidup masyarakat dalam upaya memperjuangkan dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal, karena itu perlu dilakukan berbagai bentuk nyata, salah satunya adalah perhatian pemerintah dengan pembentukan posyandu.

Demikian dikatakan asisten ekonomi pembangunan setdakab sinjai, Dr. Nikmat Baddare Situru pada saat membuka rapat koordinasi kelompok kerja operasional pos pelayanan terpadu (Pokjanal Posyandu) tingkat kabupaten sinjai, rabu (24/04) di ruang pertemuan wisma hawai sinjai.

"Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya yang bersumber dari masyarakat yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam mengelolah pelayanan kesehatan dasar, utamanya untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan anak", Tambahnya.

Dijelaskan, pembangunan kualitas SDM dengan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang anak dapat dilaksanakan dengan sistem pelayanan kesehatan yang berbasis masyarakat seperti posyandu yang dilakukan secara efektif dan efesien dan dapat menjangkau semua sasaran seperti anak, ibu hamil dan menyusui, ibu nifas serta penyeluhan KB.

"Kinerja posyandu perlu kita optimalkan dalam upaya mengsinergikan berbagai layanan yang dibutuhkan masyarakat seperti perbaikan kesehatan dan gizi pendidikan, perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, ketahanan pangan keluarga dan kesejahteraan sosial", Jelas Dr. Nikmat mewakili bupati.

Kegiatan yang diikuti para camat, Ketua TP PKK Kecamatan, Tim Pembinan Pokjanal Posyandu dan petugas puskesmas yang membidangi posyandu se kabupaten sinjai ini, dimaksydkan untuk menyamakan persepsi pembinaan pokjanal posyandu bagi para pembina baik ditingkat kecamatan mauun ditingkat desa.

"Kita juga harapkan pokjanal posyandu dapat lebih berperan aktif secara berjenjang dan bagaimana meningkatkan pelayanan diposyandu secara terpadu", kata ketua panitia pelaksana.

Tampil sebagai pembicara dalam kegiatan ini, Kepala badan pemberdayaan masyarakat sinjai, Kepala Dinkes Sinjai, Kepala BPP-KB dan Ketua pokja IV Tim Penggerak PKK. Salah satu materinya mengenai kebijakan pembangunan kesehatan dalam hal pengembangan posyandu. (Clk/Yanti)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .