BPM Sinjai Gelar Bimtek Profil Desa/Kelurahan

Rabu, 03 April 2013

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyusunan dan Pendayagunaan Data Profil Desa dan Kelurahan, Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sinjai menggelar Bimbingan Teknis Pemutakhiran Data profil Desa dan Kelurahan bertempat di Aula BPM Sinjai, Selasa (2/4).

Bimtek ini untuk memberikan pemahaman khususnya bagi Sekertaris desa/kelurahan terkait dengan data dan informasi mengenai desa dan kelurahan yang merupakan elemen penting dalam penyusunan program dan pengambilan keputusan yang berkaitan langsung dengan masyarakat pada tingkat bawah.

Profil desa dan kelurahan ini merupakan gambaran menyeluruh tentang karakter desa dan kelurahan yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, Sumber Daya Manusia (SDM) kelembagaann sarana dan prasarana serta permasalahan yang dihadapi di desa/kelurahan.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Sinjai H. Basri Rahman mengatakan, Salah satu alasan mengapa bimtek ini sangat perlu dilaksanakan adalah masih kurangnya data - data desa (profil desa) yang terkelola dengan baik sehingga dengan adanya ini diharapkan desa dapat menyusun Profil desa masing-masing sebagai acuan dalam perencanaan pembangunan.

"Dari kegiatan ini, kami  berharap semua sekertaris desa/kelurahan ini benar-benar dapat memahami  tata cara mengelola profil desa sesuai dengan karakter desa dan kelurahan masing-masing," katanya.

Hingga saat ini dari 80 desa/kelurahan yang ada di Sinjai, sudah ada 15 desa/kelurahan yang sudah terimput data-datanya di pemerintah pusat. (Haeran/A. Yanti M)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .