Empat Cabup Sinjai Tidak Hadir Pada Debat Kandidat

Minggu, 14 April 2013


Debat calon bupati dan wakil bupati Sinjai kurang lengkap. Empat pasangan menolak mengikuti rangkaian terakhir kampanye pemilukada Sinjai. Praktis debat yang digelar KPU Sinjai di Gedung Pertemuan Sinjai, Sabtu (13/4) hanya diikuti lima pasangan calon.

Calon yang menolak debat terbuka dan deklarasi damai masing-masing Hasan Basri Ambarala-Sulthani, Lukman H.Arsal-Djamaluddin, Amrul Rijal-Zainuddin Fatbang dan pasangan Sabirin Yahya-Andi Fajar Yanwar.

Sementara lima pasangan yang hadir masing-masing, Andi Jefriyanto Asapa-Hermansyah, Andi Mahyanto Massarapi-Andi Masssalinri Latif, Muhlis Isma-Musa Rasyid, Andi Seto Gadista Asapa-Andi Muhtar Mappatoba dan Syamsul Qamar-Marwah Jufri.

Sikap empat pasang yang menolak hadir dalam debat ini disayangkan panelis dari Universitas Hasanuddin (Unhas)  Dr.Abd. Rahman Razak. “Ini perlu jadi catatan warga Sinjai dalam menentukan pilihan pada tanggal 17 april,” katanya.

Dikatakannya bahwa, setelah menyatakan siap bertarung, kandidat tersebut harus mengikuti seluruh tahapan yang dibuat KPU termasuk debat dan deklarasi damai. Namun yang paling disayangkan karena penolakan untuk hadir dalam debat tersebut tidak dikonfirmasi kepada pihak terkait. 

“Jika memang berhalangan hadir, seharusnya ketidakhadiran itu dikonfirmasi terlebih dahulu, supaya masyarakat tahu, apalagi debat ini disiarkan langsung oleh TV dan radio setempat,” kata Prof. Achmad Ruslan, yang juga tampil sebagai panelis.

Sementara itu,  Panelis dari Universitas Islam Negeri (UIN) Makassar, Prof. Arifuddin Ahmad mengatakan bahwa debat yang seharusnya bisa jadi acuan bagi warga Sinjai dalam menentukan calon pemimpin lima tahun kedepan namun tidak semuanya hadir.

“Apalagi Sinjai dikenal dengan motto SINJAI BERSATU, tapi ada kandidat yang tidak hadir, ini sangat disayangkan,” jelasnya.

Anggota KPU Sinjai, Fadhullah Marzuki mengatakan, ketidakhadiran empat calon dalam debat kandidat dan deklarasi damai tidak mengurangi semangat penyelenggara termasuk calon yang tetap mengikuti tahapan pemilukada Sinjai. (Haeran)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .