KPU Optimis UN Tak Halangi Partisipasi Pemilih

Selasa, 09 April 2013

Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA/sederajat yang bertepatan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) di Sinjai pada 17 April mendatang tidak akan mempengaruhi proses pencoblosan.

Hal ini dijelaskan oleh Sekertaris KPU Sinjai Andi Yusran Maddolangeng, saat ditemui Senin (8/4), bahkan ia memastikan semua siswa SMA yang telah memiliki hak pilih akan dimudahkan untuk menggunakan hak pilihnya.

Meski dikhawatirkan oleh banyak pihak bahwa pelaksanaan pilkada yang bertepatan dengan UN akan mengurangi partisipasi masyarakat, namun Yusran menegaskan bahwa tidak ada hal-hal yang bisa mengganggu setiap pemilih untuk menggunakan hak pilihnya.

"Demikian halnya dengan siswa yang mengikuti ujian nasional, kita berikan kemudahan. Apalagi pada hari itu jam ujian nasional hanya sampai pukul 10.00 Wita. Sementara pencoblosan baru akan selesai pada pukul 13.00 Wita, jadi masih banyak waktu buat mereka untuk datang ke TPS," terangnya.

Ditambahkan, jika siswa yang mengikuti UN lokasinya jauh dari lokasi TPS dia terdaftar maka akan diberikan formulir A8 agar bisa menggunakan hak pilihnya di TPS mana saja yang dekat.

"Semua akan diakomodir dan dimudahkan. Jika lokasi ujiannya jauh, kami himbau siswa yang punya hak pilih untuk mengambil formulir A8 demikian halnya guru yang mengawas di sekolah yang jauh," ujar Yusran. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .