PT. Taspen Persero Gelar Pelatihan SIM Gaji

Rabu, 24 April 2013

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sinjai bekerjasama dengan PT. Tabungan Asuransi Sosial Pegawai Negeri (Taspen) Persero makassar menggelar Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM) Gaji yang bertempat di Ruang Pola Eks Kantor Bupati Sinjai, Rabu (24/4). Kegiatan ini dibuka oleh Kepala BPKAD Sinjai Aslan Abbas.

Kepala Seksi Administrasi Data Peserta PT. Taspen Cabang Makassar Yandrizal mengatakan bahwa Latar belakang munculnya pengembangan aplikasi SIM gaji adalah belum adanya standar pengolahan gaji PNS oleh Pemerintah Daerah dimana sebagian besar pembuatan daftar gaji PNS bersifat manual sekalipun telah mengunakan sarana computer sehingga setiap kali ada perubahan gaji ataupun tunjangan mengalami kendala dan lama pengerjaannya.

"Aplikasi ini memang sengaja dibangun untuk membantu pengolahan gaji PNS bagi Pemerintah Daerah dan diberikan secara cuma-cuma yang diperuntukan bagi Pemerintah Provinsi/Kota/Kabupaten seluruh Indonesia. Dengan SIM gaji Insya Allah pengolahan gaji PNS oleh pemerintah Daerah menjadi mudah dan ringan. Tidak sebatas pengolahan gaji saja , data base yang ada bisa digunakan untuk rencana pengembangan karir maupun kepangkatan PNS." katanya.

Sementara itu Kepala BPKAD Kabupaten Sinjai Aslan Abbas dalam sambutannya menyampaikan penghargaan serta apresiasi yang tinggi kepada PT Taspen untuk memberikan pelatihan aplikasi SIM gaji di Kabupaten Sinjai. Dikatakannya bahwa, aplikasi ini berfungsi untuk membuat daftar gaji setiap bulannya, sehingga dapat meminimalisir kesalahan dan diharapkan data base daftar pegawai di Sinjai betul-betul akurat.

"Dengan aplikasi ini nantinya dapat memberikan kemudahan dalam perhitungan anggaran gaji dalam APBD, sehingga dapat memberikan jumlah belanja pegawai yang akurat untuk dianggarkan, begitu juga dengan realisasi belanja pegawai setiap triwulan, semesteran dan tahunan yang nantinya dapat memudahkan dalam perhitungan SPT tahunan pegawai negeri itu sendiri," jelasnya.

Aslan Berharap dengan adanya aplikasi SIM gaji ini semoga betul dapat dimanfaatkan dalam lingkup Kabupaten Sinjai, sehingga dalam perhitungan belanja pegawai, sebagai dasar penentuan Dana Alokasi Umum (DAU) dan pelayanan yang lain dapat dimaksimalkan.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 42 peserta yang merupakan bendahara pengeluaran, bendahara gaji/pembuat daftar gaji dalam lingkup Kabupaten Sinjai. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .