Puskesmas Samataring Galakkan Program UKS Bagi Pelajar

Kamis, 04 April 2013

Untuk mewujudkan generasi muda yang sehat, kuat, handal dan cerdas, Puskesmas Samataring Kecamatan Sinjai Timur mengadakan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) bagi pelajar yang ada di wilayah kerjanya. Kegiatan ini berlangsung selama tiga pekan yang dimulai sejak pekan lalu dengan sistem door to door ke sekolah masing-masing.

Pelaksana kegiatan dr. A. Wahyu Adliah Dachlan, saat ditemui Rabu (3/4) mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendeteksi secara dini terhadap kelainan atau gangguan kesehatan yang dialami siswa sehingga dapat diobati atau direhabilitasi secepatnya untuk mencegah keadaan yang lebih gawat.

Selain itu, kata dia, untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan derajat kesehatan peserta didik/siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal dalam rangka pembentukan manusia indonesia seutuhnya.

UKS adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup sehat anak usia sekolah yang berada di sekolah dan perguruan agama.

"Kegiatan ini berupa pemeriksaan kesehatan peserta didik secara berkala, seperti pemeriksaan fisik, pengukuran berat badan, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut serta pemeriksaan kondisi kebersihan sekolah," kata dr. Wahyu.

Lebih lanjut dikatakan, jumlah sekolah yang akan dikunjungi yakni sebanyak 18 sekolah mulai tingkat SD hingga SMA/sederajat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Samataring. "Jadi Kegiatan ini kami mulai sejak pekan lalu dengan mengunjungi masing-masing sekolah," jelasnya. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .