Danrem 141Toddopuli Buka TMMD Ke - 90 Di Kabupaten Sinjai

Rabu, 15 Mei 2013

Kodim 1424 Sinjai bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai menggelar upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-90, selasa (14/05) yang dipusatkan di lapangan sinjai bersatu.

Upacara pembukaan TMMD, turut di hadiri Wakil Bupati, Andi Massalinri Latief, Ketua DPRD Sinjai, H. Sultani, Unsur Muspida dan segenap pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Sinjai. Selain itu, juga hadir para komandan kodim jajaran korem 141 toddopuli. Sementara yang bertindak selaku inspektur upacara Komandan Korem 141 Toddopuli, Kolonel Inf Afianty S Uloli.

TMMD tahun ini mengangkat tema "Melalui TNI Manunggal Membangun Desa, TNI bersama-sama Polri, Kementrian, LPNK, Pemerintah Daerah dan Seleruh komponen bangsa lainya kita tingkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan kedamaian dan kesejahteraan masyarakat pedesaan.”

Sambutan Jendral TNI, Pramono Edhi Wibowo selaku penanggung jawab operasional TMMD ke-90 sebagaimana amanah yang dibacakan, Komandan Korem 141 Toddopuli, Kolonel Inf Afianty S Uloli menjelaskan bahwa Kegiatan TMMD kali ini, diharapkan betul-betul menyentuh perbaikan kehidupan masyarakat didaerah, sehingga dari waktu ke waktu roda perekonomian daerah akan semakin baik.

"Jadi untuk sasaran fisik program TMMD ini, diprioritaskan untuk membangun infrastruktur sarana dan prasarana yang langsung menyentuh kepentingan masyarakat, sehingga diharapkan mampu meningkatkan roda perekonomian masyarakat di daerah", Lanjut Danrem yang membuka TMMD Ke 90. 

Sedangkan sasaran non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreatifitas masyarakat untuk membangun daerahnya sendiri, serta tumbuh kesadaran untuk memberdayakan potensi daerahnya menuju kehidupan sosial masyarakat yang lebih maju sejahtera dan mandiri.

Kemudian dalam amanahnya juga dikatakan, kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin yakni dua kali dalam setahun. Dimana ini merupakan program terpadu lintas sektoral. “Proses perencanaan TMMD disusun dengan sistem bottom up planning yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat secara hirarkis, dan selanjutnya ditetapkan sasaran program TNI Manunggal Menbangun Desa,” katanya. Sementara itu Komandan Distrik Militer (Dandim) 1424 Sinjai, Letkol Arm. Franky JH Watuseke menyebutkan, bahwa TMMD dilaksanakan selama 21 hari hingga 3 juni mendatang.

Kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya, pelebaran dan pengerasan jalan, rehab mesjid, pembuatan MCK, sosialisasi bahaya narkoba dan beberapa kegiatan lainnya yang dipusatkan di kecamatan sinjai barat dan kecamatan sinjai borong. Upacara pembukaan TMMD juga dirangkaikan pemberian alat kerja secara simbolis kepada perwakilan serta pemberian sembako kepada warga. (Clk/Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .