Disdikpora Sinjai Adakan Kursus Tata Kecantikan Rambut

Selasa, 28 Mei 2013

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sinjai memberikan kursus tata kecantikan rambut bagi puluhan ibu-ibu rumah tangga yang ada di sinjai. Kursus yang hanya dilaksanakan selama sehari itu digelar di Salon Kecantikan Suryani, jalan Wotel Mongisidi, Selasa (27/05) kemarin.

Bagi ibu-ibu rumah tangga yang mengikuti kursus tersebut terlihat antusias dan sangat merespon, karena baginya kegiatan ini dapat memberikan keterampilan tersendiri utamanya dalam hal tata kecantikan rambut.

Kepala Seksi Pendidikan Formal dan Informal ( PNFI ) Disdikpora Sinjai, Abdul Rahman mengatakan, tata kecantikan rambut adalah sebuah program yang telah berkembang dengan perubahan-perubahan yang sangat pesat, yang terjadi dalam kurun waktu 20 tahun terakhir.

"Program kursus dan pelatihan tata kecantikan rambut adalah program belajar jangka pendek yang sangat efisien dan efektif, karena dengan waktu belajar yang relatif singkat peserta didik dapat dengan cepat menguasai kecakapan hidup dibidang tata kecantikan rambut", Jelas Rahman yang mewakili Kepala Disdikpora Sinjai.

Lebih lanjut, bahwa untuk mendapatkan sertifikat sebagai penata rambut yang handal, peserta didik harus menyelesaikan 3 (tiga) kelas yang telah ditentukan, yaitu tingkat dasar, tingkat terampil, dan tingkat mahir dengan materi yang berbeda terutama pada materi keterampilannya sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

"Kurikulum kursus kini sudah memakai kurikulum berbasis kompetensi, dimana untuk setiap unit kompetensi telah disusun kompetensi dasar dan indikatornya yang mengandung aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap yang harus dimiliki oleh peserta didik kursus tata kecantikan rambut", teranngnya.

Pada akhir program kursus dan pelatihan tata kecantikan rambut ini, peserta didik diharapkan untuk dapat mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan tata cara merawat, seperti mencuci rambut, memangkas rambut, menata sanggul dan lainnya.

Selain itu, mempunyai pengetahuan tentang kosmetik yang digunakan untuk tata kecantikan rambut yang sesuai dengan kondisi rambutnya."Kita juga harus melayani pelanggan dengan baik dan memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen tentang perawatan dan penataan rambut", harap Rahman.

 Hal lain, sikap dan etika kerja serta kemampuan berkomunikasi guna menjadi pekerja penata rambut juga sangat diharapkan. (Clk/Yasir)

 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .