Pelatihan Analisis Gender Bagi Perencana SKPD

Rabu, 29 Mei 2013

Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) menyelenggarakan Pelatihan Analisis Gender bagi perencana Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) dalam rangka meningkatkan kemampuan untuk merumuskan perencanaan, program dan kebijakan lembaga/instansi dengan pemikiran gender. 

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 28 hingga 29 Mei 2013 ini dibuka oleh Sekertaris daerah kabupaten Sinjai, Tayyeb A. Mappasere, di Ruang Meeting Wisma Hawai Sinjai, Selasa (28/5).

Pada kesempatan tersebut, Tayyeb yang didampingi Pelaksana Tugas Kepala BPPKB Sinjai Haerani Dahlan berharap pelatihan ini dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada seluruh peserta terkait bagaimana proses penganggaran dan perencanaan yang responsif  gender sehingga mampu mengimplementasikannya pada setiap rencana/program/kegiatan sesuai tupoksinya masing-masing disetiap SKPD.

"Semoga para peserta pelatihan ini dapat mengikuti dan memperhatikan materi yang disajikan secara seksama  serta memahami dan merespon progam kesetaraan dan keadilan gender dalam progam pembangunan daerah yang menjadi bidang tugasnya sehingga mengaplikasikan dalam proses perencanaan pembangunan daerah sesuai dengan bidang masing - masing", harapnya.

Menurutnya, Di Kabupaten Sinjai, peran perempuan di pemerintahan tidak boleh dipandang sebelah mata, hal ini terbukti banyaknya perempuan di Sinjai yang memiliki jabatan strategis di lingkup pemkab Sinjai. "Sebagian Besar jabatan Sekertaris/Bagian Perencana di SKPD diduduki oleh perempuan dan bahkan pejabat eselon II saat ini dijabat oleh dua perempuan," tuturnya.

Pelatihan ini diikuti oleh 35 peserta dari perwakilan masing-masing SKPD dengan materiresponsif gender dalam pencapaian MDG's, metode analisis gender dan sinkronisasi perencanaan serta penganggaran pembangunan daerah yang berspektif gender. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .