RSUD Sinjai Targetkan Akreditasi Versi 2012

Selasa, 28 Mei 2013

Akreditasi merupakan bentuk pengakuan yang diberikan kepada pemerintah pada rumah sakit yang telah memenuhi standar yang ditentukan. 

Adanya akreditasi dapat memotivasi peningkatan mutu dan meningkatkan image rumah sakit sehingga bisa dapat meningkatkan posisi tawar dengan pihak ketiga seperti asuransi dan perusahaan. Sedangkan bagi pasien, akreditasi dapat dijadikan acuan dalam memilih rumah sakit dan jaminan untuk mendapatkan pelayanan yang bermutu.

Olehnya itu, Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) saat ini tengah melakukan survey simulasi akreditasi versi 2012 terhadap RSUD Sinjai yang kini telah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Survey ini belangsung selama 3 hari mulai tanggal 28 hingga 30 mei 2013.

Direktur RSUD Sinjai dr.A. Suryanto Asapa saat menerima tim survey dari KARS, selasa (28/5) mengatakan, akreditasi ini adalah pengakuan yang pasti dan jelas karena dinilai oleh Lembaga Independen yang khusus menilai suatu rumah sakit. "Survey ini untuk mengetahui sejauh mana kualitas dan tingkat pelayanan yang diberikan oleh rumah sakit kepada pasien," ujarnya.

Sementara itu Ketua Tim Surveyor dari KARS Pusat dr. Sudarsih mengatakan, Sejak tahun 2012 telah terjadi perubahan paradigma akreditasi. Standar akreditasi berubah  menjadi berfokus kepada pasien, yang dikembangkan dengan mengacu kepada standar dari Joint Commission International (JCI) ditambah dengan sasaran program Millenium Development Goals (MDGs).

"Perubahan sistem akreditasi KARS dari versi 2007 menjadi 2012 juga diikuti dengan perubahan paradigma. namun yang utama, terletak pada penekanan bahwa tujuan akreditasi adalah untuk meningkatkan mutu pelayanan RS. Selain itu dilakukan perubahan terhadap standar akreditasi, dimana akreditasi versi 2012 akan menekankan pada pelayanan berfokus pada pasien serta kesinambungan pelayanan dan menjadikan keselamatan pasien sebagai standar utama," tuturnya.

Standar akreditasi baru tersebut terdiri dari 4 kelompok yaitu : standar pelayanan berfokus pasien, standar manajemen rumah sakit, sasaran keselamatan pasien dan sasaran program MDGs. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .