Siswa Tetap Konvoi Meski Dilarang

Jumat, 24 Mei 2013

Meski dilarang, para siswa SMA dan sederajat di Sinjai tetap menggelar konvoi dan corat-coret di sepanjang jalan raya untuk meluapkan rasa kegembiraan atas kelulusannya. 

Tradisi tahunan ini sulit ditiadakan walaupun berbagai pihak sudah menyampaikan larangan saat hari kelulusan Ujian Nasional (UN).

Seperti yang dilakukan siswa di Sinjai, Jumat (24/5). Para siswa sudah menyiapkan cat warna-warni. Mereka berkumpul di depan sekolah, sambil menunggu pengumuman hasil Ujian Nasional oleh pihak sekolah.

Dari hasil pantauan sejak pagi tadi, Beberapa kelompok pelajar ini terlihat berkumpul dan beramai-ramai di depan sekolah masing-masing dan ketika pengumuman telah disampaikan mereka melakukan aksi coret-coret pakaian seragam kemudian melakukan aksi konvoi dijalan. Mereka berkeliling di sepanjang jalan utama di Kota Sinjai sambil mencorat-corat baju mereka dengan cat dan spidol.

Kendati tak semua siswa sekolah turun berkonvoi, dan sejumlah jalan sempat macet akibat pawai yang mereka lakukan. Rombongan konvoi pelajar ini diawasi oleh aparat kepolisian.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Sinjai, Dra.Hj. Mas Ati mengungkapkan, pihaknya sudah mengeluarkan imbauan agar setiap sekolah menggelar kegiatan yang lebih positif untuk menghilangkan kebiasaan konvoi para pelajar di jalan raya usai UN.

“Kami juga sudah bekerjasama dengan kepolisian agar tidak ada aksi konvoi dan corat-coret baju seragam, tapi nyatanya masih ada yang melakukan hal tersebut dan itu diluar dari kendali kami. Namun yang jelasnya aksi tadi tidak dilakukan secara berlebihan dan tidak anarkis," katanya. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .