100 Calon Pengantin Ikuti Kursus Catin

Jumat, 21 Juni 2013

Kementerian Agama Kabupaten Sinjai melalui seksi Bimas Islam mengadakan Kursus Calon Pengantin (Suscatin) yang diikuti 100 orang peserta pranikah dari 9 kecamatan yang ada di Sinjai, Rabu (19/6) bertempat di Wisma Srikandi Sinjai.

Kasi Bimas Islam, Drs. Muh. Tahir sebagai penyelenggara kegiatan mengatakan kursus ini penting sebagai bentuk pembinaan keluarga, mengingat pembinaan yang dilakukan oleh balai nikah hanya singkat dan tidak membahas persoalan rumah tangga secara keseluruhan.

“Pembinaan yang dilakukan sebelum hari pernikahan biasanya tidak menyentuh atau sifatnya hanya di permukaan saja, sehingga tidak berdampak besar pada pencegahan KDRT,” jelasnya.

Diungkapkan bahwa, maraknya kasus KDRT, lanjutnya, terjadi karena minimnya pemahaman pasangan suami istri baik dari segi ilmu agama maupun aturan yang berlaku. Padahal agama merupakan benteng utama dalam memelihara pernikahan, karena menumbuhkan cinta kasih dan saling mengalah sehingga kekerasan bisa ditekan,

"untuk membentuk keluarga sakinah itu harus dimulai dengan niat yang tulus, namun untuk membentuknya tidak bisa langsung jadi, haruslah melalui proses. Mulai dari pemilihan pasangan yang berdasarkan agamanya, sampai dengan proses menjalankan rumah tangga tersebut haruslah dengan nilai-nilai agama juga," ujar Muh. Tahir

Materi dalam kursus diantaranya Undang-undang Perkawinan, masalah fiqih nikah, kesehatan reproduksi hingga konseling keluarga dan kompilasi hukum Islam. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .