30 Persen Warga di Sinjai Belum Melakukan Perekaman e-KTP

Senin, 03 Juni 2013

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai memastikan tidak dapat mencapai target perekaman KTP Elektronik (e-KTP). 

Dari 187 ribu wajib e-KTP di sinjai baru sekitar 70 persen yang sudah melakukan perekaman. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sinjai, Drs. Budiaman.

Menurutnya, di Sinjai masih ada sekitar 54 ribu warga yang belum melakukan perekaman data e-KTP. Terlambatnya realisasi perekaman e-KTP tersebut disebabkan banyaknya penduduk pesisir yang keluar daerah sinjai mencari nafkah, masih ada kelompok manusia usia lanjut atau manula yang belum terdata baik dalam catatan kependudukan dan kurangnya kesadaran warga terhadap pentingnya identitas kependudukan tersebut.

"Hingga kini masih tersisa 30 persen wajib e-KTP di Sinjai yang belum melakukan perekaman data. Kami sudah bekerja maksimal agar seluruh warga  melakukan perekaman bahkan kami juga sudah lakukan perekaman secara door to door tapi kalau warga tidak memiliki kesadaran maka tidak akan maksimal," ungkapnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri menargetkan perekaman e-KTP rampung paling lambat tanggal 15 juni 2013 mendatang. Namun di Sinjai realisasinya sulit tercapai apalagi diketahui adanya warga yang tidak peduli lantaran menganggap e-KTP tidak penting bagi mereka.

"Hampir saya bisa pastikan bahwa tidak semua wajib e-KTP dapat kita rekam per 15 juni itu, persoalannya mereka yang berada di luar kabupaten atau di luar daerah tidak ada kepastian kapan mereka berada di sinjai," kata Budiaman. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .