BPD Berperan Aktif Dalam Pembangunan di Desa

Kamis, 20 Juni 2013

Untuk menyatukan pemahaman pada aparat desa  tentang tata cara Pemilihan ketua dan keanggotaan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar sosialisasi persiapan pelaksanaan pemilihan keanggotaan BPD.

Sosialisasi ini digelar secara terpusat di Ruang Pola Eks kantor Bupati, Kamis (20/6) yang dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa dan diikuti oleh Seluruh camat, Kepala desa dan Ketua BPD

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setdakab Sinjai Junaedi Mustafa mengatakan kegiatan ini untuk memfasilitasi aparat desa dengan pemerintah kabupaten terkait mekanisme pemilihan ketua dan keanggotaan BPD. Pemilihan ini rencananya berlangsung mulai bulan juni hingga agustus 2013 bertempat di masing-masing desa.

Asisten I Tata Praja Setdakab Sinjai, Halilintar Badong mengungkapkan bahwa, dalam pemilihan dan perekrutan keanggotan perwakilan desa ini hendaklah dilakukan  secara selektif sehingga yang terpilih nantinya dapat melaksanakan tugasnya masing-masing secara maksimal.

"Jangan sampai terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, ada yang dipaksakan menjadi anggota BPD sehingga tidak mejalankan tugasnya dengan baik". katanya.

Sementara itu Bupati Sinjai, Andi Rudiyanto Asapa mengungkapkan bahwa fungsi Utama BPD di desa adalah menampung segala aspirasi masyarakat untuk disampaikan  kepada Kepala Desa serta menetapkan Peraturan Desa bersama Kepala Desa. "Setiap anggota BPD  harus mampu membaca kepentingan-kepentingan masyarakatnya. Menyalurkan aspirasi serta menjembatani apa yang menjadi kebutuhan masyarakat desa”, katanya.

Lebih lanjut dikatakan, Fungsi BPD kedepan hendaknya lebih efektif dan berpihak pada kepentingan warga. Untuk itu Ketua maupun anggota BPD yang terpilih mampu bekerjasama dengan baik bersama aparat desa lainnya karena perannya sangat besar dalam proses pembangunan di desa. Bupati berharap pada pemilihan keanggotan BPD nantinya dapat berjalan lancar dan aman serta tidak terjadi gesekan yang bisa menimbulkan konflik di desa. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .