BPPKB Sinjai Gelar Pelatihan Keterampilan Bagi Perempuan

Senin, 03 Juni 2013

Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Sinjai menggelar Pelatihan keterampilan Bagi Kelompok Perempuan, Senin (03/6) bertempat di Meeting Room Hotel Srikandi Sinjai.

Ketua Panitia, Hj. Suati S.Pd mengatakan, tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kaum perempuan khususnya dalam pengolahan daur ulang limbah batang pisang serta mengembangkan potensi kaum perempuan dan potensi sumber daya alam.

"Hal ini dimaksudkan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki kaum perempuan juga sekaligus dapat menjadi salah satu upaya untuk menambah pendapatan keluarga," ujarnya.

Pelaksana Tugas Kepala BPPKB Sinjai, Haerani dahlan, yang membuka kegiatan ini berharap agar perempuan-perempuan yang ada di Sinjai mampu memanfaatkan peluang usaha dengan menggunakan bahan lokal yang ada di sekitar dan juga bisa berkreatifitas dalam pengelolaannya sehingga menjadi sesuatu yang bermanfaat.

“Banyak hal di sekitar kita yang bisa menjadi peluang usaha. Untuk itu, jika diolah dengan baik maka akan dapat bernilai tambah dari segi ekonomi,” kata Haerani dahlan.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 20 orang peserta terdiri atas utusan Kecamatan masing-masing 1 orang, khusus Kecamatan Sinjai Utara mengutus peserta sebanyak 12 orang. Hal ini karena Kecamatan Sinjai Utara dipersiapkan untuk menjadi Kecamatan percontohan pengembangan keterampilan anyaman daur ulang limbah batang pisang.

Program pelatihan yang berlangsung selama 3 hari ini disajikan beberapa materi, diantaranya, prospek usaha dan pemasarannya, proses daur ulang limbah batang pisang menjadi barang kerajinan dan peningkatan kualitas anyaman agar dapat bersaing di pasaran. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .