JPS Sinjai Ajak Pelajar Jadi Jurnalis

Selasa, 25 Juni 2013

Jurnalis Peduli Sinjai (JPS) menggelar pelatihan Citizen Journalism atau Jurnalisme Warga tingkat SMA dan Mahasiswa se-Kabupaten Sinjai, Kegiatan ini berlangsung di Aula RM Lestari, Senin (24/6).

Ketua Panitia, Abdul Malik mengatakan, pelatihan Citizen Journalism yang dimulai dari kalangan pelajar dan mahasiswa memandang penting digelar sebab  diharapkan ada pencerahan atau pengetahuan baru tentang apa dan bagaimana menjadi Citizen Journalism.

Ketua JPS Sinjai, Muhammad Salih, mengatakan bahwa  saat ini Citizen Journalism terus mengalami perkembangan dan menjadi bentuk baru jurnalistik dimana warga juga bisa melakukan peliputan, pembuatan dan pengiriman berita.

“Hanya saja, tren baru Citizen Journalism tersebut belum diketahui sepenuhnya khususnya masyarakat di daerah kabupaten. Masih terlalu banyak warga yang belum menyadari posisi mereka sebagai Citizen Journalism atau pihak yang bisa menyampaikan informasi kepada publik,” kata Salih yang juga Jurnalis Kompas TV.

Pelatihan Jurnalisme Warga ini digelar JPS bekerjasama dengan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sinjai. Acara ini  dibuka Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sinjai, Dra.Hj. Mas Ati.

Sedikitnya, 50 orang peserta yang ikut dalam kegiatan tersebut. Adapun materi dalam pelatihan ini antara lain teknik wawancara dan menulis berita, apa dan bagaimana menjadi citizen reporter serta peran pemuda sebagai citizen reporter dalam kaitannya terhadap transparasi informasi kekinian.

Selain beberapa jurnalis senior, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Sinjai, Irwan Suaib juga tampil sebagai pemateri dalam kegiatan pelatihan  yang bertema “semua warga itu adalah pewarta”. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .