Orientasi dan Workshop PNPM PISEW 2013

Selasa, 18 Juni 2013

Pemerintah Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan Orientasi dan Workshop Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM- PISEW) Tahun 2013. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, 17–18 Juni 2013, di Ruang Pola Kantor Bupati Tanassang.

Kepala Bappeda Sinjai, Drs.H. Andi Talha, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini yakni untuk percepatan pembangunan ekonomi masyarakat yang berbasis kepada sumber daya lokal, pengurangan segala kesenjangan antar wilayah, pengentasan kemiskinan, perbaikan pengelolaan pemerintahan daerah di tingkat kabupaten, kecamatan, desa (Local Goverment) serta penguatan intuisi lokal di tingkat pedesaaan.

"Pelaksanaan PNPM-PISEW juga berfungsi khusus untuk mendukung percepatan penanganan kemiskinan secara terintegrasi, dengan mengembangkan pola Co-Sharing atau Activity Sharing, yang dimaksudkan untuk mengurangi beban pemerintah daerah serta memberikan diskripsi pemerintah daerah dalam mengembangkan berbagai kegiatan sesuai dengan kebutuhan dan keuangan daerah, dengan tetap memperhatikan prinsip implementasi PNPM-PISEW," katanya.

Acara ini dibuka oleh Sekertaris Daerah Sinjai, Tayyeb A. Mappasere mewakili Bupati Sinjai. Dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pemerintah melalui PNPM PISEW berupaya mengurangi kesenjangan antar wilayah yang bermuara pada penanggulangan kemiskinan. Program ini berasal dari pemerintah pusat, namun tetap memberikan peran yang lebih besar kepada pemerintah daerah dan stakeholder terkait dalam pelaksanaannya.

“Dengan keterlibatan semua pihak yang terkait, sesuai dengan peran dan fungsi masing-masing, diharapkan program PNPM-PISEW di Sinjai akan berjalan sukses, yang pada gilirannya nanti berdampak bagi kesejahteraan masyarakat Sinjai,” kata Tayyeb
 
Peserta yang mengikuti kegiatan orientasi ini terdiri dari para kepala SKPD, para kabag, satuan kerja PNPM PISEW dan seluruh unsur yang terlibat dalam program PNPM PISEW. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .