Sosialisasi UU No 2 Tahun 2012 Tentang Pengadaan Tanah Bagi Kepentingan Umum

Selasa, 11 Juni 2013

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Sulawesi Selatan  bekerjasama dengan Bagian Hukum dan HAM Setdakab Kabupaten Sinjai menggelar kegiatan sosialisasi Undang-Undang Nomor 2 tahun 2012 tentang mekanisme pengadaan tanah untuk kepentingan umum, Selasa, (11/6) di Gedung Pertemuan Sinjai.

Ketua Panitia, Budi Kamiju SH, mengatakan tujuan utama dari penyelenggaraan kegiatan sosialisasi undang-undang nomor 2 tahun 2012 ini, untuk membangun pemahaman kepada peserta tentang mekanisme pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum serta meningkatkan kapasitas aparat pemerintah daerah terkait UU Nomor 2 tahun 2012.

Sasaran sosialisasi ini, menyiapkan dan meningkatkan sumberdaya aparatur dalam hal persiapan pelaksanaan pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum di kabupaten Sinjai. Kegiatan ini berlangsung sehari dengan materi pokok sosialisasi undang-undang nomor 2 tahun 2012 tentang pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum dan peraturan pelaksana lainnya.

“Adapun jumlah peserta yang mengikuti acara ini 50 orang, yang terdiri dari staf Bagian Hukum dan HAM Setdakab Sinjai, Badan Pertanahan Negara (BPN) Sinjai, para Kepala SKPD, Camat, Lurah dan Notaris. Nara sumber dalam kegiatan ini berasal dari Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sulsel, Akademisi dan Kepala BPN sinjai," ujar Budi Kamiju.

Sementara Bupati Sinjai yang diwakili Sekertaris Daerah Sinjai Tayyeb A. Mappasere ketika membuka sosialisasi ini, menyambut baik kegiatan ini, pasalnya terkadang dalam kaitan pelepasan hak tanah untuk kepentingan umum seringkali menimbulkan perselisihan.

Khususnya saat penentuan harga, untuk ini maka sangat baik agar para pihak yang kerap terlibat saat pembebasan lahan untuk umum ini diberikan sosialisasi terkait undang-undannya.

"Hal ini dalam rangka menyamakan persepsi dan pandangan sehingga tidak muncul masalah," ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Kanwil kementerian Hukum dan HAM propinsi Sulsel, Agus Purwanto, BA, SH, M.Si dan Kepala Bagian Hukum dan HAM Setdakab Sinjai, Lukman Dahlan, S.Ip, M.Si. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .