Tahun ini, Dana PNPM PISEW Sinjai Rp 5,2 Milyar

Jumat, 28 Juni 2013

Di tahun 2013 ini, anggaran yang berasal dari APBN untuk kegiatan Peluncuran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah (PNPM-PISEW) di wilayah Kabupaten Sinjai mengalami penurunan.

Jika sebelumnya untuk setiap kecamatan mendapatkan kucuran dana Rp 1,5 milyar, maka tahun ini hanya mendapatkan kucuran dana sebesar Rp 400 juta per kecamatan. Informasi ini terungkap dalam rapat orientasi dan workshop PNPM PISEW beberapa waktu yang lalu.

Penurunan jumlah kucuran dana ini diakibatkan oleh tidak adanya kesepakatan atau MoU antara pemerintah pusat dengan pihak lembaga donor JICA asal Jepang sebagai pelaksana. Akibatnya, program PNPM PISEW tahun 2013 dilaksanakan hanya sesuai dengan besaran anggaran yang ada. Sinjai sendiri hanya mendapatkan kucuran dana untuk 8 kecamatan.

Pada tahun 2013 ini, dana PNPM PISEW  yang dianggarkan sebesar Rp 5,2 milyar. Sebanyak 2 miliar diantaranya yakni Untuk Kawasan Strategis Kabupaten (KSK) meliputi Kecamatan Sinjai Selatan dan Tellulimpoe. Sementara 3,2 milyar dibagi untuk Bantuan langsung Masyarakat (BLM) program investasi untuk  8 Kecamatan. Masing-masing kecamatan menerima alokasi anggaran sebesar Rp 400 juta.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Tayyeb A. Mappasere mengungkapkan, Program ini berasal dari pemerintah pusat, namun tetap memberikan peran yang lebih besar kepada pemerintah daerah dan stakeholder terkait dalam pelaksanaannya. 

"Kegiatan PNPM PISEW cukup mendorong percepatan pembangunan infrastruktur di level desa,". jelasnya. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .