Ujian Kenaikan Kelas di Sinjai Digelar Serentak

Selasa, 11 Juni 2013

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Sinjai menggelar ujian semester genap tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat secara serentak mulai 10 Juni 2013.

Menurut  Kepala Disdikpora Sinjai Dra.Hj. Mas Ati mengatakan, ujian semester genap digelar di seluruh sekolah tingkat SD hingga SMA negeri dan swasta. "Ujian semester genap yang mulai berjalan hari ini (Kemarin, Red) merupakan ujian penentu kenaikan kelas," jelasnya, Senin (10/6/2013).

Adapun sistem dan metode pelaksanaan ujian penaikan kelas ini diserahkan kepada masing-masing sekolah untuk menentukan kebijakan masing-masing. "Jadi terkait dengan jadwal mata pelajaran dan bentuk soal, diserahkan kepada sekolah masing-masing untuk membuat sendiri," kata Mas Ati


Setelah ujian selesai lanjutnya, masing-masing sekolah tetap aktif seperti biasa sampai pembagian rapor. "Dalam masa jeda setelah ujian dapat dipergunakan oleh siswa untuk memperbaiki nilai ujian yang belum memenuhi standar kompetensi atau mengikuti ujian ulang (remedial) bahkan waktu jeda ini biasanya sekolah mengadakan kegiatan olah raga," terangnya.

Ia berpesan, agar seluruh siswa baik SD/MI, SMP/MTs dan SMA/MA dapat fokus dalam menjalani ujian kenaikan kelas tersebut, agar mereka memperoleh hasil maksimal tanpa harus mengikuti remedial. 

"Harapan kita, mereka tidak hanya naik kelas saja tetapi juga didukung dengan hasil ujian atau nilai rapor yang memuaskan. Untuk itu, pihak sekolah harus tetap mengingatkan siswanya untuk terus meningkatkan belajar," tukasnya. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .