Tanah Longsor Tutup Akses Jalan di Dusun Ambi

Senin, 08 Juli 2013

Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kecamatan Sinjai Barat beberapa hari terakhir ini, menyebabkan tebing di salah satu titik di ruas jalan penghubung Dusun Ambi dengan Dusun Rumpala, Desa Bontolempangan, Kecamatan Sinjai Barat, longsor. 
Akibatnya, akses jalan itu pun tertutup karena material longsoran dari tebing yang menutupi seluruh jalan dan sejumlah petak sawah.

Menurut Sampe, warga yang bermukim di sekitar longsor tersebut mengatakan bahwa, longsoran tebing tersebut terjadi Rabu siang sekitar pukul 13.00 WITA. Dalam peristiwa ini satu orang mengalami luka akibat material longsor tersebut. Selain itu, Akibat longsor ini menutupi puluhan petak sawah dan menghancurkan saluran irigasi yang ada disekitarnya.

Longsoran tanah sepanjang 100 meter ini terjadi lantaran hujan deras mengguyur Desa Bontolempangan sepanjang hari hingga tengah malam. Akibat longsoran tebing tersebut, akses jalan dari Kantor Desa Bontolempangan menuju dusun Ambi dan Dusun Bihulo terisolir dan hanya dilalui dengan berjalan kaki.

"Hingga saat ini belum ada alat berat dari pemerintah setempat untuk memindahkan material longsor tersebut," kata Sampe yang bekerja sebagai petani.

Selain itu, tidak jauh dari lokasi longsor, terdapat 9 rumah warga terancam terkena longsor jika intensitas hujan meningkat sehingga  warga yang mendiami tempat tersebut memilih mengungsi ke tempat yang aman jika terjadi hujan lebat.

Dari pantauan Suara Bersatu, Khusus di Desa Bontolempangan terdapat puluhan titik longsor yang sewaktu-waktu dapat terjadi jika intensitas hujan makin meningkat. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .