Jadi Caleg, Enam Kades di Sinjai Mundur

Rabu, 25 September 2013

Menjelang Pemilihan Umum yang akan digelar tahun depan, sebanyak enam orang Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Sinjai mengundurkan diri.

Pengunduran diri ini mereka lakukan karena ada aturan yang tidak memperbolehkan seorang kades masuk menjadi pengurus partai politik (parpol), apalagi mendaftar menjadi calon legislatif (Caleg).

Kasubag Administrasi Bagian Pemerintahan Desa (Pemdes) Setdakab Sinjai, Aniwati Amir mengatakan bahwa enam kades di Sinjai  mendaftarkan diri menjadi Caleg dan sudah ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) sehingga ia harus diberhentikan jabatannya sebagai kades.

"Ketentuan ini sudah diatur dalam Undang-undang nomor 8 tahun 2012 tentang pemilu legislatif dan juga Peraturan Pemerintah nomor 72 tahun 2005 tentang larangan kepala desa jadi pengurus parpol," sebut Aniwati.

Pemberhentian secara hormat sudah dilakukan dan saat ini jabatan dari kades yang lowong sudah dilimpahkan kepada pelaksana tugas pegawai kecamatan yang telah ditunjuk oleh Bupati Sinjai.

Enam Kades yang ikut mendaftarkan diri menjadi caleg dalam Pemiluhan Umum Legislatif (Pileg) tahun 2014 tersebut diiantaranya A. Syamsul Bachri, Kades Passimarannu Kecamatan Sinjai Timur, Jamaluddin Kades Pattalassang Kecamatan Sinjai Timur, H. Muh Darwis Kades Songing Kecamatan Sinjai Selatan, Asfar Kades Palae Kecamatan Sinjai Selatan, H Bahar Kades Biji Nangka Kecamatan Sinjai Borong dan Hartati Malkab Kades Bua Kecamatan Tellulimpoe. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .