Jelang Penilaian Adipura, Pemkab Sinjai Gelar Ekspose

Rabu, 25 September 2013

Untuk menghadapi penilaian Adipura tahun 2013/2014, Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Sinjai  menggelar ekspose, bertempat Di Ruang Pola Kantor Bupati, Selasa (24/9).

Dalam ekspose itu dibahas berbagai masalah terkait evaluasi hasil penilaian Adipura di Kabupaten Sinjai pada tahun lalu yang dilakukan oleh tim penilai Adipura, meliputi komponen Fisik dan Non Fisik.

Kepala Bidang Pengendalian Pemanfaatan Ruang dan Sumber Daya Alam Pusat Pengelolaan Ekoregion  Sulawesi Maluku dan Papua, Muhammad Nur mengatakan bahwa ada tiga hal yang harus dipenuhi oleh suatu daerah untuk meraih piala adipura, yakni adanya komitmen pimpinan dan seluruh jajaran, infrastruktur kota serta adanya kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. "Jika tiga hal pokok ini dipenuhi oleh Kabupaten Sinjai, maka piala adipura tidak sulit untuk diraih," katanya.

Sementara itu, Kasubid Pengendalian Pemanfaatan dan SDA, Najha Aris dalam ekspose yang dipaparkan, bahwa untuk meraih piala adipura kategori kota kecil, poin yang mesti diraih minimal 73 dari akumulasi penilaian fisik maupun non fisik.

Dikatakannya, Penilaian Fisik ini meliputi perumahan, jalan, pasar, sekolah, perkantoran, pertokoan, rumah sakit, puskesmas, perairan terbuka, terminal bus, taman kota, hutan kota, Tempat Pembuangan Akhir (TPA), memilah sampah, dan pengolahan sampah. Sementara nonfisik meliputi, kebersihan dan keteduhan, institusi, manajemen, peran serta masyarakat, dan pengendalian pencemaran air.

Berdasarkan penilaian tahun lalu Kabupaten Sinjai hanya berhasil memperoleh nilai fisik 70,73 dan  nonfisik 63,41. Dari hasil tersebut, beberapa rekomendasi yang harus dilakukan pembenahan yakni peningkatan kebersihan  di semua lokasi titik penilaian, penambahan/pemilihan pohon peneduh, penambahan penghijauan, penambahan tempat sampah yang terpilah, pelibatan masyarakat dalam proses pemilahan dan pengolahan sampah, perbaikan drainase serta rekomendasi lainnya.

Bupati Sinjai yang diwakili oleh Asisten tata Praja Setdakab Sinjai Andi Halilintar Badong, meminta semua aspek yang dinilai tim Adipura segera dibenahi. “Saya minta kepada semua SKPD segera benahi, sehingga penilaian selanjutnya, kita dapat memperoleh nilai yang sangat baik dan mendapatkan Piala Adipura 2014 mendatang,” katanya.

Menurutnya, aspek-aspek penting yang harus dibenahi seperti perbaikan dokumen nonfisik, sarana dan prasarana, penanganan sampah, ruang terbuka hijau, manajemen, dan partisipasi masyarakat. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .