Bupati Sinjai Launching Perdana Bibit Ayam Kampung

Jumat, 25 Oktober 2013

Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya melakukan launching  perdana bibit DOC (Day Old Chick) ayam kampung unggul produksi Rural Rearing Multiplication Centre (RRMC) di halaman kantor Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sinjai, kamis sore (24/10/13).

Launching ini ditandai dengan penyerahan bantuan bibit ayam kampung unggul produksi RRMC kepada delapan kelompok tani ternak ayam yang ada di Sinjai.

Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya dalam sambutannya mengatakan usaha pembibitan ayam kampung unggul yang dilakukan oleh RRMC ini memiliki nilai lebih dibandingkan dengan pembibitan-pembibitan lain sejenis yang ada di Sulsel.

Hal ini disebabkan, kata dia, karena usaha pembibitan ini mendapatkan dukungan langsung dari Balai Penelitian Ternak (BPT) Ciawi Bogor yang menciptakan ayam kampung indonesia (AKI). Pengembangan usaha ayam kampung ini dipusatkan di Lappadata Kelurahan Samaenre Kecamatan Sinjai Tengah.

Bupati berharap dengan keberadaan usaha pembibitan ayam kampung unggul ini dapat mendorong berkembangnya usaha ayam kampung di kabupaten Sinjai.

“Sehingga peternak yang membutuhkan bibit ayam kampung kualitas unggul dapat memperolehnya dengan mudah dan jauh lebih murah dibandingkan jika mereka membelinya dari pulau Jawa, dengan demikian usaha yang mereka kembangkan akan jauh lebih efisien dan dapat memberi keuntungan yang lebih memadai," katanya.

Dia juga menyampaikan sebagai langkah awal produksi bibit ayam kampung unggul yang diluncurkan, akan diserahkan oleh pemerintah daerah secara cuma-cuma kepada beberapa kelompok tani yang telah mengembangkan ayam kampung secara komersial. 

"Semoga menjadi motivasi pendorong berkembangnya usaha pengembangan ayam kampung di masa akan datang," harapnya

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Keswan Sinjai, drh. Aminuddin Zainuddin, mengatakan bahwa kegiatan ini sejalan dengan visi dan misi Sinjai lima tahun ke depan untuk bidang peternakan yaitu upaya mengembangan ternak-ternak lokal dengan memanfaatkan teknologi modern dan lebih maju. (Haeran)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .