Diskominfobudpar Sinjai Gelar Bimtek PID bagi Aparatur Pemkab

Kamis, 03 Oktober 2013

Dinas  Komunikasi Informatika Kebudayaan dan Kepariwisataan (Diskominfobudpar) Sinjai, Selasa,(28/5) menyelenggarakan  Bimbingan Teknis bagi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Lingkup Pemkab Sinjai, Kamis (03/10) di Ruang Pola kantor Bupati. Kegiatan ini dibuka oleh Pelaksana Harian Setdakab Sinjai dr.Hj. Nikmah B. Situru.

Pelaksana Tugas Kepala Diskominfobudpar dalam laporannya mengatakan, Kegiatan ini untuk memberikan pemahaman tentang tugas pokok dan fungsi PPID dalam melaksanakan pengolahan informasi dan dokumentasi serta mekanisme pemberian informasi publik yang akan disampaikan kepada masyarakat sesuai aturan undang-undang nomor 14 tahun 2008 tetatang keterbukaan informasi pelayanan publik.

"Kegiatan ini juga merupakan program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sinjai dalam mewujudkan visinya yakni Terwujudnya Sinjai Bersatu yang sejahtera, unggul dalam kualitas hidup, terdepan dalam pelayanan publik," jelasnya.

Sementara itu, Plh setdakab Sinjai yang mewakili Bupati Sinjai dalam sambutannya mengatakan, peran pejabat pengelola informasi dan dokumentasi sangat penting untuk menyampaikan informasi yang jelas untuk menghindari sengketa informasi.

"Oleh karena itu, kegiatan ini penting dilaksanakan  dalam konteks keterbukaan informasi yang telah menjadi kebutuhan mendasar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," katanya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini bagian dari pelayanan publik untuk mempermudah mengakses informasi bagi pihak-pihak yang membutuhkan, sehingga SKPD pada semua tingkatan diharapkan sudah harus ada terbentuk pelayanan informasi dan dokumentasi.

Narasumber dalam kegiatan ini yakni Wakil Ketua Komisi Informasi Propinsi Sulsel, Rayudaswati Budi dengan materi urgensi PPID bagi Pemda dalam implementasi keterbukaan informasi publik dan Komisioner Komisi Informasi, Haeba Ramli tentang SOP pelayanan informasi dan uji dokumentasi di setiap badan publik.

Kegiatan ini diikuti oleh peserta para camat, lurah, kepala desa dan perwakilan dari masing-masing SKPD di Lingkup pemkab Sinjai. (Haeran/Yanti M)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .