DPRD Sinjai Minta PDAM Atasi Krisis Air di Lappa

Kamis, 31 Oktober 2013

Sebagian besar masyarakat yang tinggal di Kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara mengeluhkan pendistribusian air bersih ke daerahnya.

Dalam beberapa terakhir ini masyarakat yang ada di daerah tersebut kesulitan dalam memperoleh air bersih akibat distribusi air dari PDAM yang tidak lancar.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua Panitia Kerja (Panja) PDAM yang dibentuk oleh DPRD Sinjai, Andi Zainal Iskandar saat melakukan rapat bersama dengan manajemen PDAM Sinjai, Kamis (31/10) di Kantor DPRD Sinjai.

Menurut dia, warga yang tinggal daerah Lappa sering melaporkan bahwa warga yang berada di sana kesulitan air bersih namun belum ada tanggapan dari pihak PDAM. "Banyak warga yang sering melaporkan perihal air yang tidak mengalir disana sehingga kita butuh tanggapan pihak PDAM kenapa bisa terjadi," kata dia.

Dia mengaku heran dengan pendistribusian air bersih ke kelurahan Lappa yang sudah menjadi masalah yang rutin dan tidak pernah teratasi hingga saat ini. "Kita tahu bersama kalau air adalah merupakan kebutuhan dasar pokok masyarakat dan ini masalah emergency yang harus dicari solusinya segera," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Suratman dari  PDAM Sinjai mengungkapkan bahwa keluhan air bersih yang dialami warga di Lappa disebabkan karena terjadinya kerusakan mesin pompa distribusi sehingga tekanan air menuju Lappa terkendala. "Dua minggu lalu satu unit mesin pompa terbakar akibat korslet dan tidak bisa digunakan lagi," imbuhnya.

Namun saat ini pihaknya berusaha melakukan pembenahan dengan mengganti mesin pompa yang baru agar distribusi air ke Lappa kembali normal. "Saat ini kami lakukan pembenahan dan Insya Allah 2 atau 3 hari kedepan sudah bisa teratasi," harapnya.

Suratman menghimbau kepada masyarakat yang kesulitan memperoleh air bersih untuk datang langsung ke Kantor PDAM Sinjai dan pihaknya akan memberikan  pelayanan dengan mobil tangki yang setiap saat siap mendistribusikan ke rumah penduduk.

Rapat Panja PDAM ini diikuti oleh Koordinator Panja PDAM, Andi Muhtar Mappatoba dan seluruh anggota panja.(aaNd/Yanti)
 
© Warta Suara Bersatu Template Design by Tim Web Warta Sinjai | Published by wartaonline.sinjaikab.go.id .